Logo

DPRD Provinsi Bengkulu Setujui Raperda Perubahan RPJMD

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu menggelar rapat paripurna ke-3 masa persidangan ke dua tahun 2017 dengan agenda mendengarkan pandangan umum fraksi terhadap Raperda no 6 tahun 2016 tentang perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Bengkulu, bertempat di ruang rapat DPRD Provinsi Bengkulu, Rabu (3/5/2017).

Dalam penyampaian pandangannya, semua fraksi sepakat untuk membahas Raperda no 6 tahun 2016 ke tahap pembahasan dengan beberapa catatan.

Seperti halnya, fraksi PDIP yang dibacakan oleh Chairil Anwar, partai berlogo kepala banteng ini menyorot pejabat Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Bengkulu yang tak kunjung definitif hingga saat ini masih dijabat oleh pelaksana tugas.

Ini menjadi catatan penting bagi pemerintah untuk mempersiapkan dan jangan sampai terjadi pemangkasan anggaran lagi oleh pemerintah pusat.

“Sekda tak kunjung definitif, ada apa?. Sedangkan yang kita tahu Sekda tidak dapat mengambil keputusan yang strategis,” terangnya.

Begitupun dengan fraksi Gerindra yang disampaikan oleh Jonedi SP memberikan catatan kepada pemerintah untuk diadakan pengkajian lanjutan terhadap RPJMD yang programnya harus selaras dengan program serta pelaksanaan pembangunan di Provinsi Bengkulu.

“Kami menyoroti serapan anggaran yang tidak maksimal yaitu kurang dari 15% hingga di bulan ke-5 tahun 2017 ini dan itupun hanya diserap TPP, untuk pembangunan masih jauh dari kata memuaskan,” kata Jonedi.

Sementara itu, fraksi Golkar yang dibacakan oleh Raharjo Sudiro yang menyoroti kinerja OPD dalam membantu Gubernur menuntaskan berbagai permasalahan yang ada di Bengkulu.

“OPD yang sudah ada wajib untuk menunjukan kinerja yang maksimal prestasi dalam bekerja,” ucapnya.

Dengan beberapa catatan tersebut, semua fraksi sepakat untuk membahas Raperda ini ke tahap pembahasan dalam paripurna selanjutnya.

Paripurna kali ini dihadiri oleh 33 dari 43 anggota DPRD yang dipimpin oleh Ketua DPRD, Ihsan Fajri didampingi oleh Wakil Ketua II Suharto dan Wakil Ketua III Elfi Hamidi. Turut hadir dari pihak eksekutif yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Bengkulu serta seluruh OPD dan FKPD Provinsi Bengkulu.(adv/Nico)