Logo
Dempo Xler

DLH Minta Masyarakat Kota Bengkulu Sadar Akan Kebersihan Lingkungan

jnf

jnf

Rusman Effendy, SSTP, MM

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Dinas lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu meminta masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga kebersihan Kota Bengkulu.

Kepala Bidang Penanganan Sampah dan Limbah B3, Rusman Effendy, SSTP, MM, mengatakan, sampah-sampah yang ada di Kota Bengkulu sudah rutin dibersihkan, akan tetapi persoalan sampah berasal dari masyarakat itu sendiri yang belum memiliki kesadaran akan kebersihan dan masih membuang sampah sembarangan.

Masyarakat yang berada di bantaran sungai terus mengeluh, padahal masyarakat juga yang membuang sampah ke sungai. Apalagi ketika hujan, sampah akan bertambah banyak karena sampah dari lingkungan pasar ikut hanyut terbawa arus.

“Untuk menangani permasalahan sampah ini, kami sudah menyiapkan personil atau petugas yang bertanggung jawab untuk membersihkan sampah,” katanya, Kamis (16/3/2017).

Sampah yang berada di pasar telah dijadwalkan untuk dibersihkan setiap harinya dari pukul 17.00 WIB sampai selesai.

“Sudah kami siapkan alat berupa tong sampah petugas kebersihan, kontainer, mobil pengangkut sampah dan gerobak sampah yang menyisir sampai ke dalam pasar.

Rusman menambahkan, bahwa kesadaran masyarakat dan pedagang masih belum ada. Apalagi sampah pedagang seperti bekas ayam, sampah plastik dan masiha banyak yang lain masih sering dibuang ke dalam aliran air.

Dirinya menghimbau kepada masyarakat, bahwa kebersihan adalah kebutuhan kita sendiri dan sekeras apapun kerja pemerintah untuk menangani permasalahan sampah, bila masyarakatnya tidak peduli, maka kerja pemerintah akan jadi sia-sia.