Logo
Dempo Xler

Dinkes Se-Provinsi Bengkulu Siap Sinergis Entaskan Kemiskinan

Plt Dinkes Provinsi Bengkulu Edriwan Mansyur memaparkan sinergitas kepada Kadinkes se-provinsi Bengkulu

Plt Dinkes Provinsi Bengkulu Edriwan Mansyur memaparkan sinergitas kepada Kadinkes se-provinsi Bengkulu

Plt Dinkes Provinsi Bengkulu Edriwan Mansyur memaparkan sinergitas kepada Kadinkes se-provinsi Bengkulu

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) se-Provinsi Bengkulu menggelar pertemuan, di Hotel Grage Bengkulu pada Kamis (23/2/2017) pagi. Itu dilakukan guna menyinkronkan ide dan gagasan untuk mensukseskan program prioritas pertama provinsi Bengkulu, pengentasan kemiskinan dan peretasan ketertinggalan.

Setidaknya ada tiga hal yang bakal dikerjakan Dinkes, yakni pemerataan fasilitas dan pelayanan kesehatan. Kemudian bantuan langsung, dan juga pemberdayaan masyarakat.

“Tiga hal tersebut merupakan tawaran ide, tentunya kabupaten dan kota mempunyai strategi atau gagasan yang bisa kita sinkronkan. Targetnya, program prioritas urutan pertama,” ucap (Plt) Kepala Dinkes Provinsi Bengkulu, Edriwan Mansyur.

Kadinkes Kota dan Bengkulu Selatan tampak serius

Menanggapi hal itu, Kepala Dinkes kota Herwan Toni sepakat untuk mensinergiskan program tersubut. Namun, ia meminta sinkronisasi program hendaknya dibicarakan secara detail.

Sebab hal itu, kata Herwan, berkaitan dengan data ril yang update dari setiap daerah, baik tentang kondisi fasilitas kesehatan (kualitas dan kuantitas), serta data kependudukan juga kondisi masyarakat.

“Langkahnya masuk akal, tetapi setiap daerah ataupun kawasan yang menjadi sasaran tentunya memiliki problem yang berbeda antara satu dengan yang lain. Jadi kita perlu holistik analisis, sehingga bisa ada program yang terintegrasi,” katanya.

Dipihak lain, Kepala Dinkes Bengkulu Selatan M. Redhwan Arief menyampaikan kondisi puskesmas di daerahnya yang rata-rata di bawah standar. Untuk itu ia mengharapkan, masalah dan juga tantangan yang akan dihadapi nantinya bisa disampaikan saat Rakerkesnas di Jakarta beberapa hari lagi.

Menutupi pertemuan ini, Edriwan menyampaikan bahwa sinergitas seluruh dinkes se-Provinsi Bengkulu akan mampu melahirkan kegiatan yang menunjang kesuksesan setiap program. Menurutnya setiap daerah dapat berbagi gagasan dan ide serta tips mengatasi suatu permasalahan.

“Kita saling bisa belajar antar daerah, dan kita mempunyai tujuan yang sama yakni mampu memberikan pelayanan terbaik kepada semua masyarakat,” pungkas Edriwan.