Logo

Dandim Kota Bengkulu Minta Petani Jangan Alih Fungsi Lahan

Bupati, Dandim dan undangan lainnya saat penen raya di Desa Lubuk Sini

BENGKULU TENGAH, bengkulunews.co.id – Dandim Kota Bengkulu, Letkol. Osmar Silalahi, meminta kepada petani yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), jangan melakukan alih fungsi lahan persawahan menjadi lahan sawit. Meskipun saluran air belum diperbaiki, maka petani harus menahan diri dulu untuk permasalahan ini.

Menurut Dandim, pihaknya juga mengerti keluhan petani saat ini, karena terkadang petani juga bosan dengan janji-janji pemerintah yang akan membangun irigrasi tetapi tak kunjung juga ada solusinya.

“Kami ada bersama petani. Apa pun masalah yang ada pada petani kami akan monitor terus, jadi saat ini petani harus bisa menahan diri untuk tidak melakukan alih fungsi lahan,” ungkapnya usai panen raya di Desa Lubuk Sini, Kamis, ( 27/07/2017).

Lanjutnya, di satu sisi penyebab alih fungsi lahan yang sering terjadi akibat keluhan petani yang tidak ada realisasi dari pemerintah setempat.

“Timbul rasa bosan, maka hal itulah yang jadi penyebab petani mengalihkan fungsi lahannya menjadi lahan sawit,” terangnya.

Hal ini juga disampaika Wakil Bupati Benteng, Septi Periyadi, pemerintahan akan mengakomodir keluhan petani dan akan melaporkan hal ini kepada Bupati selaku pengambil kebijakan.

“Pemerintah Kabupaten Benteng akan menganggarkan untuk pembangunan irigrasi ini. Supaya masalah yang ada bisa diatasi dan petani juga tidak alih fungsi lahannya menjadi kebun sawit,” demikiannya.