Cara Perawatan Ikan yang Baik dan Benar

Ikan Peliharaan. Cindy/BN

Ikan memiliki jenis dan ukuran yang beragam, sehingga tiap ikan memiliki bentuk karakteristik berbeda-beda.

Salah satu karyawan Toko Abe Aquascape, Dodi (35) mengatakan bahwa ditempatnya ada sekitar 30 jenis ikan yang dijual.

Adapun jenis ikan tersebut tersedia dari ikan predator hingga jenis aquascape, seperti jenis arwana, koi, koki, zebra, neon, Oscar dan masih banyak lagi.

Umumnya merawat ikan tidaklah terlalu sulit, Ia menuturkan untuk perawatan aquarium jenis predator seperti arwana dan ikan cana lebih fokus pada filter air.

Hal tersebut harus diperhatikan agar kebersihannya terjaga, karena ikan predator terkenal dengan kerakusannya dalam memakan mangsanya sehingga menyebabkan air menjadi keruh.

Kualitas air yang buruk tersebutlah dapat menyebabkan hal fatal bagi ikan, karena membuat ikan menjadi stress. Hal lainnya menyebabkan ikan tidak nafsu makan, sehingga menjadi sakit hingga bisa mati.

“Kalau media komponen lengkap itu bagus, aquarium yang memiliki heater dan ada uv bisa menentukan kualitas air (ph),” kata Doni pada Bengkulunews.co.id Rabu (30/11/22) siang.

Oleh karena itu kualitas air harus dijaga dengan sistem penyaringan kotoran yang bagus. Selain memperhatikan kualitas, pemilik juga bisa memperhatikan ukuran aquarium agar ikan bisa berenang dengan bebas dan hal ini berlaku untuk semua jenis ikan.

“Untuk kombinasi aquarium ikan predator, boleh digabung dengan jenis lain. Ada yang dimasukin untuk pembersih aquarium, kalau arwana bisa dicampur dengan jenis sapu jagat atau istilah samsak itu mainan ikan seperti ikan kaviat. Nah ikan jenis cana ini yang biasanya tidak bisa dicampur,” jelasnya.

Selain itu pemberian pakan terhadap ikan harus seimbang, tidak boleh terlalu banyak ataupun sedikit. Pemberian makan ikan yang terlalu sering dan banyak dapat menyebabkan air menjadi cepat kotor.

Perhatikan juga pakan yang diberikan harus berdasarkan jenis dan ukuran ikan, agar tidak mengalami sakit.

Hal penting lainnya adalah perhatikan ikan secara rutin, sehingga pemilik dapat mengetahui apakah peliharaannya sehat atau sedang sakit.

“Perbanyak interaksi sama ikan yang dipeliharaan aja si, karenakan mereka itu sama seperti hewan lain. Mereka juga punya insting, ikan akan mendekat kepada tuannya entah itu pada saat memberi makan atau ingin mengajak bermain,” demikian Doni.

Baca Juga
Tinggalkan komen