Logo
prakiraan cuaca bengkulu

BMKG: Besok Hujan Lebat Masih Berpotensi Terjadi di Wilayah Pegunungan

BENGKULU – Prakirawan Cuaca Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas III Fatmawati Bengkulu, Haris mengatakan cuaca hujan akan terjadi hingga selama dua hari kedepan. Ia menyebut, pada malam hari kondisi hujan akan normal, begitu juga besok, curah hujan banyak berpusat di pegunungan Utara dan Selatan.

“Dan untuk dua hari kedepannya, lusa itu kembali normal. Curah hujan sudah berkurang, mayoritas cerah berawan. Untuk pesisir sedikit berkurang, yang lebih dominan di wilayah pegunungan,” kata Haris pada Bengkulunews.co.id Senin (25/07) sore.

Haris menjelaskan, penyebab hujan dikarenakan adanya kelembaban udara yang basah dari lapisan bawah hingga atas, serta labilitas udara yang cukup kuat pada atmosfer wilayah Bengkulu. Sehingga, kata Haris dapat menyebabkan adanya potensi pembentukan awan hujan merata hampir di seluruh wilayah Bengkulu.

Selain itu, ia menambahkan, biasanya setiap hujan turun akan diikuti oleh awan cumulonimbus, yang bersifat membawa angin kencang. Namun tidak semua awan yang mengandung angin kencang, hanya awan-awan tertentu saja.

Dengan kondisi cuaca yang seperti ini, Haris mengaku aktivitas nelayan akan cukup terganggu. Dikarenakan adanya tekanan rendah di wilayah Samudera Barat Sumatera, sehingga membuat tinggi gelombang cukup meningkat di pesisir bahkan tengah laut samudera.

“Untuk tinggi gelombang, wilayah pesisir diangka dua koma hingga tiga, Enggano itu dari tiga sampai empat dan wilayah samudera bisa diatas empat,” sambungnya.

Haris menghimbau kepada seluruh masyarakat agar berhati-hati saat melakukan aktivitas diluar ruangan.

“Jadi tetap waspada, kalau sudah kelihatan awan gelap. Pada dasarnya, BMKG hanya memberi informasi. Untuk keputusan, kembali lagi kepihak nelayan,”