Logo

BI Tetap Bina UMKM Meskipun Tanpa Dukungan Pemerintah

 

Endang Kurnia, berfoto bersama perwakilan bank swasta, bank daerah dan perwakilan pemerintah daerah kota/kabupaten dan provinsi Bengkulu

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Bengkulu akan tetap melakukan pembinaan kepada UMKM seandainya pemerintah kabupaten/kota atau pun Provinsi Bengkulu tidak mengindahkan rekomendasi yang telah di sosialisasikan.

Hal ini disampaikan Kepala BI Perwakilan Bengkulu, Endang Kurnia, pada acara diseminasi hasil penelitian komoditas, produk, jenis usaha (KPJU) unggulan UMKM Provinsi Bengkulu tahun 2016 yang digelar BI di kantor BI Perwakilan Bengkulu, Kamis (2/2/2017).

Dari hasil penelitian BI Perwakilan Bengkulu bersama tim peneliti dari Institut Pertanian Bogor (IPB) menyebutkan, ada dua jenis usaha unggul yang ada di provinsi Bengkulu yakni usaha perikanan dan pertanian.

Keduanya memiliki potensi untuk dapat dibina dan menunjang pertumbuhan ekonomi di Bengkulu. Pembinanaan yang perlu dilakukan berupa bantuan modal fisik atau pun pembiayaan pada UMKM.

“Hasil penelitian ini penting untuk para pemangku kebijakan dalam merumuskan program pengembangan UMKM. Saya harap ada kerja sama pembentukan tim khusus antara BI dan pemerintah,” terangnya.

Diungkapkannya, pihaknya telah membicarakan hal ini dengan Pemprov dan menyarankan pembentukan tim yang serupa dengan tim pengendali inflasi daerah.

Baca juga :

Bank Indonesia Dorong Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Bengkulu

Dukung UMKM, Bank Indonesia Gelar Diseminasi

(Alwin)