Logo

Bengkulu segera Memiliki Pelabuhan Perikanan Nasional

BENGKULU – Asisten I Setda Provinsi Bengkulu Khairil Anwar menyampaikan rencana pembangunan Pelabuhan Perikanan Nasional (PPN) di Provinsi Bengkulu yang dipusatkan di Kabupaten Seluma akan segera terwujud.

“Saat ini telah disiapkan lahan dan komitmen berupa MoU antara Pemrov Bengkulu dengan Kabupaten Seluma. Sehingga diharapkan dalam tahun depan Pelabuhan Perikanan Nasional yang dibiayai APBN ini dapat segera terwujud di Provinsi Bengkulu,” sebut Khairil Anwar, Rabu (15/9/2022).

Selain persiapan lahan untuk lokasi pembangunan, juga dilakukan kesepakatan bersama Pemerintah Provinsi Bengkulu dengan pemerintah Kabupaten Seluma.

Kesepakatan bersama itu, menurut Khairil, untuk menguatkan komitmen dari pemerintah daerah, sehingga dapat meyakinkan pihak kementerian untuk mewujudkan Pelabuhan Perikanan Nasional di Kabupaten Seluma.

Di samping itu, lanjutnya, dengan pengembangan Pelabuhan Perikanan Nasional ini diharapkan juga dapat mewujudkan wilayah pantai Bengkulu yang merupakan wilayah pesisir menjadi wilayah maritim.

Adanya pelabuhan perikanan nasional ini, akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan para nelayan khususnya dan masyarakat Provinsi Bengkulu pada umumnya.

“Penganggaran PPN di Kabupaten Seluma ini dari APBN melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Kemko Maritim dan Investasi,” ungkapnya. (Adv)