Belasan Potensi Wisata di Lebong Belum Tersentuh Tangan Pemerintah

Kabid Pariwisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Lebong, Ero Bonaparte

LEBONG – Sejumlah potensi wisata alam di Kabupaten Lebong belum tersentuh pembangunan dari pemerintah daerah. Hal ini diakui Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lebong, Ero Bonaparte.

Disampaikan Ero, Lebong memiliki 18 titik lokasi wisata yang dapat dikembangkan. Dari jumlah tersebut, hanya tiga titik yang baru dikelola oleh pemerintah. Sisanya, masih dikelola secara swadaya oleh warga setempat.

“Saat ini kita optimalkan apa yang ada aja dulu, karna yang lain itu masih terikat aturan dan membutuhkan biaya yang cukup besar,” ujarnya, Kamis (22/3/2018).

Ditambahkan Ero, tiga titik yang baru dikelola yakni Wisata Air Putih di Kecamatan Pinang Blapis, Wisata Pulau Harapa di Kecamatan Lebong Selatan dan Wisata Picung di Kecamatan Plabai. Ketiga tempat ini turut andil menyumbang pendapatan daerah sebesar Rp. 27 juta per tahun.

Jika semua titik dikelola, maka bisa dipastikan pendapatan daerah Lebong dari sektor pariwisata akan meningkat. Namun, pemerintah saat ini terkendala pada anggaran dan letak wisata yang masuk dalam wilayah hutan lindung.

“Sisa dari delapan belas yang tidak bisa dikelola itu karena berada pada kawasan taman nasional dan hutan lindung,”l katanya.

Baca Juga
Tinggalkan komen