Logo

Bebas Mahar, Non Kader Bisa Ikut Penjaringan Bacaleg Nasdem

Dedi Ermansyah

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Provinsi Bengkulu telah melakukan penjaringan Bakal Calon Legislatif (bacaleg) mulai tingkat DPR RI maupun DPRD Provinsi Bengkulu, kabupaten dan kota untuk Pemilu Legislatif 2019 mendatang.

Untuk menjadi bacaleg Partai Nasdem, tidak harus dari kader partai, masyarakat umum seperti tokoh masyarakat bisa ikut mendaftar gratis tanpa dipungut biaya dan mahar apapun.

“Bacaleg Partai Nasdem, tidak harus kader partai. Tetapi juga bisa berasal dari tokoh masyarakat dan kalangan profesional. Serta untuk pendaftaran bebas dari mahar atau kewajiban membayar,” ujar Ketua DPW Partai Nasdem Provinsi Bengkulu, Dedi Ermansyah saat ditemui di kantornya, Kamis (20/4/2017).

Dijelaskannya, semua peserta yang sudah mendaftar akan melewati tahapan verifikasi oleh partai, terkait persyaratan yang ditetapkan berdasarkan peraturan dan perundang-undangan berlaku. Setelah itu, dilanjutkan dengan survey internal kepada masyarakat dan mengikuti sekolah partai.

“Setelah verifikasi maka akan dilakukan survey bertujuan mengetahui sejauh mana masyarakat bisa menerima Bacaleg Nasdem yang disesuaikan dengan dapil masing-masing lalu baru akan diadakan sekolah partai, agar lebih mengerti tentang politik Nasdem,” jelasnya.

Dikatakannya, pihaknya akan mendaftarkan bacaleg tersebut setelah mengetahui sejauh mana tingkat penerimaan masyarakat terhadap bacaleg tersebut.

“Kami akan tetapkan nama-nama calon setelah hasil survey didapatkan,” ungkapnya.

Diakuinya, prosedur tersebut dilakukan untuk pembaharuan dalam partai serta memenuhi target untuk tetap unggul pada pemilu 2019 mendatang seperti pemilu sebelumnya.

“Hal ini dilakukan sebagai pembaruan partai dalam mencapai target untuk tetap unggul di pemilu legislatif mendatang baik tingkatan DPR RI, DPRD  Provinsi, Kabupaten dan Kota,” tuturnya.

Dijelaskannya, untuk mempertahankan kemenangan sesuai setiap Bacaleg Nasdem melakukan sosialisasi diri dan partai kepada masyarakat, sehingga hal demikian menjadi kredit point bagi partai terhadap bacaleg itu bisa diterima oleh masyarakat se tempat.

“Setiap bacaleg harus terjun langsung ke masyarakat terkait program dan sosialisasi agar masyarakat lebih mengenal dan memahami visi mereka,” jelasnya.

Terakhir ia memastikan bahwa proses pendafataran bacaleg nasdem yang diikuti banyak kalangan di luar kader nasdem ini bebas biaya dan mahar apapun.

“Semuanya bebas mendaftar dan bebas mahar, yang terpenting adalah bacaleg yang dipilih nanti mampu bertanggung jawab dan amanah,” pungkasnya.