Logo

Bawaslu RI Launching Indeks Kerawanan Pemilu, Bengkulu Terendah

BENGKULU – Bawaslu Republik Indonesia (RI) telah meluncurkan indeks kerawanan pemilu (IKP) pemilu dan pemilihan serentak 2024.

Sesuai data IKP yang diluncurkan Bawaslu RI, Provinsi Bengkulu masuk kategori dengan kerawanan pemilu terendah.

Bawaslu Provinsi Bengkulu menyatakan bahwa IKP sebagai deteksi dini dalam pelaksanaan pemilu. Meski menempati posisi rawan sedang, Bawaslu Provinsi Bengkulu akan terus melakukan berbagai program pencegahan dan pengawasan.

Faham Syah, Komisioner Bawaslu Provinsi Bengkulu mengatakan, Pencegahan terus dimasifkan agar tidak terjadi pelanggaran pemilu.

“Bawaslu RI itu melaunching indeks kerawanan pemilu, bahwa Bengkulu itu adalah provinsi terendah indeks kerawanannya,” kata Faham Syah, Komisioner Bawaslu Provinsi Bengkulu.

Menurut dia, indikator kerawanan kali ini berbeda jika dibanding dengan Pemilu 2019. Meski demikian, terkait dengan upaya pencegahan terhadap potensi kerawanan tetap sama.

Selanjutnya, berbagai komponen dari IKP akan dijadikan dasar pencegahan pelanggaran dalam pelaksanaan pemilu 2024. Hal ini mengacu pada Langkah antisipasi Bawaslu terhadap potensi pelanggaran.