Logo

Baru Dibangun, Warga Desa Surau Keluhkan Jembatan Sudah Keropos

Salah satu warga saat melintasi jembatan, tampak menghindari bagian yang berlubang

bengkulunews.co.id – Warga Desa Surau Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) mengeluhkan kondisi jembatan di desanya yang sudah mulai rusak. Lantai jembatan yang terbuat dari papan sudah berlubang dan keropos.

Diketahui, Jembatan semi permanen ini dibangun pada 2016 lalu, dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Benteng.

Menurut warga Desa Taba Teret, M Pahit Alpisah, kerusakan terjadi sejak beberapa bulan yang lalu. Diduga, kerusakan semakin meluas akibat musim penghujan dan cuaca ekstrem yang terjadi beberapa bulan terakhir.

“Apa lagi musim penghujan, jembatan semakin cepat mengalami kerusakan. Jembatan ini baru dibangun sekitar 6 bulan yang lalu,” ungkap M Pahit.

Masih kata Pahit, jembatan dengan panjang 10 meter dan lebar 4 meter itu juga mengalami kerusakan pada bagian pagar jembatan.

Ia berharap, Pemerintah Daerah melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) segera memperbaikinya sebelum kerusakan semakin parah.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Benteng, Rachmat Rianto, setelah mendapatkan keluhan warga ini mengatakan, Dinas PU segera memperbaikinya di tahun ini (2017), menggunakan anggaran pemeliharaan.

“Saat ini kami tengah menginventarisasi aset Pemda yang memang mengalami kerusakan, seperti jalan dan jembatan,” pungkasnya.

Hanya saja, kata Rachmat, pihaknya belum bisa memperbaikinya sekaligus. Karena keterbatasan anggaran.

“Kami memperbaikinya secara bertahap dan menggunakan skala prioritas pembangunan,” katanya. (121)