Bengkulu News #KitoNian

Bank Indonesia Bantu Tingkatkan Kesejateraan Nelayan Air Rami

Prosesi pengguntingan pita tanda dilaunchingnya perahu nelayan untuk kelopok Cinta Bahari Desa Air Rami
Prosesi pengguntingan pita tanda dilaunchingnya perahu nelayan untuk kelompok Cinta Bahari Desa Air Rami

MUKOMUKO, bengkulunews.co.id – Membantu meningkatkan kesejahteraan nelayan di Air Rami Kabupaten Mukomuko, Bank Indonesia melalui program sosialnya memberikan bantuan 12 unit kapal lengkap dengan alat tangkap, Jumat (27/10/2017).

Kapal-kapal ini diberikan untuk memudahkan nelayan dalam mencari ikan. Tidak seperti selama ini, sebagian besar nelayan di Air Rami masih menumpang dengan yang memiliki kapal atau tengkulak. Maka tak heran, pendapatan mereka kecil karena terbagi-bagi.

Sebanyak 90 persen masyarakat Air Rami ini menghidupkan diri sebagai nelayan. Dari persentase itu hanya 10 persen yang telah memiliki kapal.

Maka itu, dengan adanya bantuan kapal ini, paling tidak nelayan Air Rami tidak mencari tumpangan lagi. Bahkan pendapatan uang didapat tidak banyak terbagi, artinya penghasilan nelayan meningkat.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Bengkulu, Endang Kurnia Saputra, mengatakan, Air Rami merupakan potensi agro maritim yang cukup besar. Bank Indonesia bersama Pemda Mukomuko melihat potensi itu dan layak untuk diberi bantuan.

“Pertimbangan kami juga, kami ingin meningkatkan kesejateraan dan mengentaskan kemiskinan di Air Rami.
Harapan kami ini bisa barokah untuk yang menerimanya dan yang belum,” ujarnya.

Endang menginginkan, kelompok Cinta Bahari yang diberikan bantuan ini menjadi kelompok yang sukses.

Secara simbolis Kepala KPw BI saat memberikan bantuan kepada Ketua Kelompok nelayan Cinta Bahari

“Tidak ada satu sen pun kami minta kembalian, selain senyuman masyarakat Air Rami yang merupakan sebuah kebahagiaan kami. Saya juga ingin mendengar nantinya ada yang berangkat umroh,” ungkapnya.

Selain itu ia juga meminta kepada masyarakat Air Rami untuk menerapkan sikap sili asah, sili asuh dan sili asih. Masyarakat harus saling menguatkan, saling asuh dan saling mengasihi.

“Mudah-mudahan bantuan kami tidak sampai di sini. Saya harap ini bisa bermanfaat dengan baik. Kami mendoakan kelompok ini jadi insan yg selamat dunia dan akhirat,” terangnya.

Di sisi lain Bupati Kabupaten Mukomuko, Choirul Huda, mengutarakan kebanggaanya.
Ia berharap ini bisa dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan penghasilan nelayan.

“Ini berkat semangat kita, agar juga nanti anak-anak kita bisa sukses. Jadi dokter, insinyur, camat dan setrusnya hingga menjadi bupati,” tuturnya dihadapan ratusan masyarakat Air Rami.

Diungkapkannya, semoga kesejateraan nelayan Air Rami semakin meningkat.

Baca Juga
Tinggalkan komen