Logo
Dempo Xler

Agustus, Tahapan Pilwakot Dimulai

Darlinsyah

Darlinsyah

Darlinsyah

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Tahapan Pemilihan Wali Kota Bengkulu dipastikan dimulai pada Agustus mendatang. Tahapan yang akan dilakukan berupa pembentukan PPK dan PPS dengan anggaran sebesar Rp. 5,7 milyar.

Hal ini disampaikan oleh ketua KPU Kota Bengkulu, Darlinsyah sesaat sebelum digelarnya hearing dengan komisi I DPRD Kota Bengkulu Selasa (28/2/2017).

“Tahapan pada bulan Agustus, itu harus sudah mempersiapkan rekruitmen PPK dan PPS,” Kata Darlinsyah.

Tahapan yang dilakukan dibagi menjadi pra tahapan dan tahapan. Dalam pra tahapan KPU telah melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah, sedangkan untuk dimulainya tahapan rekruitmen PPK dan PPS pada bulan Agustus akan digeber setelah Pleno penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Sebelumnya kita harus Pleno DPT dulu, biar tahu jumlahnya,” sambungnya.

Mengenai besaran anggaran, Darlinsyah mengaku ada kenaikan dari pilwakot sebelumnya yang mencapai 90%. Ini diperuntukkan bagi pembayaran honor.

“Karena sesuai dengan Permnedagri no 51 memang terjadi kenaikan yang signifikan dari pilkada yang sudah-sudah. PPK dan PPS kan harus sudah digaji, soalnya sudah langsung bekerja,” Tuturnya.

Hal ini juga disesuaikan dengan jumlah total anggran dan jumlah TPS kota Bengkulu pada Pemilihan legislatif lalu sebanyak 677 TPS.