Agung Danarto Gelorakan Semangat Muhammadiyah di Bengkulu

Sekretaris PP Muhammadiyah saat memaparkan materi kepada seliruh warga Muhammadiyah Bengkulu
Sekretaris PP Muhammadiyah saat memaparkan materi kepada seliruh warga Muhammadiyah Bengkulu

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Sekretaris Pengurus Pusat Muhammadiyah, Dr. Agung Danarto, M.Ag menjadi nara sumber pada acara puncak milad ke 105 Muhammadiyah di Bengkulu.

Pada acara yang digelar bersamaan dengan pengajian rutin bulanan pimpinan, keluarga besar dan simpatisan Muhammadiyah se-provinsi Bengkulu itu, Agung menggelorakan semangat Muhammadiyah agar semakin tinggi. Dia meminta agar semua pihak dapat mendukung perjalanan Muhammadiyah hingga lebih baik lagi.

“Secara nasional Muhammadiyah mengusung tema “Muhammadiyah Merekat Kebersamaan”. Karena Muhammadiyah sadar, akan membentuk masyarakat adil makmur yang diridohi allah SWT dengan NKRI yang berdasarkan Pancasila,” ujarnya.

Ia juga menuturkan, organisasi Muhammadiyah adalah yang terbesar di dunia. Ini harus dijaga dan dimanfaatkan untuk masyarakat makmur yang diridohi Allah SWT.

“Saat ini, amal usaha Muhammadiyah juga terus berkembang, baik itu Taman Kanak-kanak (TK), Paud, SD, SMP, SMA dan universitas. Semoga ke depan kualitasnya lebih baik lagi,”

Dikesempatan yang sama, Rektor Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB), Dr. H. Ahmad Dasan, SH, MA, juga menyampaikan perkembangan UMB yang merupakan salah satu amal usaha Muhammadiyah di Bengkulu. Dirinya menyampaikan, bahwa UMB terus melakukan perkembangan yang pesat.

“Alhamdulilah, dana yang dikumpulkan untuk membangun mesjid agung senilai 100 juta di Jakarta akan diperoleh bulan ini dan ditambah 100 juta lagi dari Bengkulu serta dana lainnya hingga mencapai 260 juta,” sampainya.

Rektor juga mengungkapkan, pada pembukaan milad UMB dilakukan peletakan batu pertama mesjid kampus IV tiga lantai. Mesjid ini akan menghabiskan dana 13.5 miliar yang dibantu AMCM sebesar 5 miliar dan sisanya sumbangan lainnya.

“Lalu, kampus UMB akan dijadikan kampus wisata, ini dilakukan untuk pengembangan ekonomi. Memulai ini kami sudah ada pasar murah, diawali dengan sumbangan karyawan dosen yang suka memasak dan hasil penjualan, uangnya untuk modal berikutnya. Kalu tidak habis, kami serahkan ke panti,” ungkapnya.

Ahmad Dasan juga menyampaikan, ke depan, UMB punya program bersama Bank Muamalat dan BSM, untuk membentuk kelompok elit member senior. Dimana, kelompok ini berisikan senior-senior Muhammadiyah.

“Terakhir saya sampaikan, SMA premium bulan ini akan selesai, SMA Agromaritim juga selesai. Semoga ini jadi sekolah unggulan yang dimiliki di Bengkulu ini. Angkatan pertama, akan diberi beasiswa oleh UMB,” pungkasnya.

Pada kegiatan ini, selain pengajian juga melantik pengurus Hizbul Wathan se Provinsi Bengkulu oleh Ketua PWM Bengkulu, Syaifullah bersama undangan lainnya. Selain itu, Ketua PWM juga melaunching Rumah Singgah Al-Ma’un untuk anak-anak jalanan di Bengkulu.

Kesempatan ini juga, seluruh undangan yang terdiri dari pimpinan, keluarga besar dan partisipan Muhammadiyah menyumbang untuk anak jalanan pada rumah singgah ini. Total yang dikumpulkan langsung oleh Rektor UMB ini senilai 3,9 juta rupiah.

Diharapkan ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan taraf pendidikan dan keterampilan anak jalanan. Diakhiri juga dengan penganugrahan kepada tokoh Muhammadiyah di Provinsi Bengkulu yang begitu berjasa kepada Muhammadiyah.

Hadir pula dalam acara ini, Anggota DPD RI, H. Ahmad Kanedi dan Hj. Eni Khairani, Wakil Ketua 1 DPRD Provinsi Bengkulu, H. Edison Simbolon, perwakilan Plt. Gubernur Bengkulu, Kepala Dinas Sosial, Rusdi Bakar dan civitas akademika UMB serta pengurus Muhammadiyah se Provinsi Bengkulu.

Baca Juga