Logo

Wacana Rohidin – Helmi Gandeng di Pilgub Bengkulu 2024?

BENGKULU – Munculnya wacana menduetkan sosok Gubernur Bengkulu aktif saat ini, Rohidin Mersyah bersama mantan Walikota Bengkulu, Helmi Hasan dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Provinsi Bengkulu 2024 berdasarkan kajian dan diskusi bersama antara Ketua Pengkaderan DPW PAN Provinsi Bengkulu Kusmito Gunawan, SH, MH, bersama kalangan akademisi.

Adapun salah satu kesimpulan yang menggandengkan pasangangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu pada Pemilu 2024 yakni Rohidin dan Helmi Hasan. Tentunya cukup mengejutkan banyak pihak, tetapi kajian Mantan Dosen Fakultas Hukum (FH) Unib ini sangatlah mendasar dan ilmiah.

“Sah-sah saja dan sangat dimungkinkan terjadi. Mereka berdua sama-sama putra terbaik Provinsi Bengkulu dan sama-sama menginkan kebaikan dan kemajuan buat Provinsi kita tercinta, kenapa tidak,” kata Kusmito Gunawan pada bengkulunews.co.id, Kamis (14/03/2024).

Tambah Kusmito, dinamika politik yang berkembang baik di tingkat nasional dan daerah selalu cair. Apapun bisa dimungkinkan asal dengan niat untuk kemashalatan dan kemajuan Provinsi Bengkulu.

“Kemungkinan ini tentunya sangatlah kuat dapat terjadi, karena politik kita di Indonesia dan Daerah ini sangatlah cair dan dinamis, bahkan era politik modernt ini gerakan dan asumsinya sudah sangat ilmiah,” tegas Ketua Fraksi PAN DPRD Kota Bengkulu.

Adapun hasil kajiian Kusmito Gunawan bersama akademisi terkait menggandengkan pasangangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu pada Pemilu 2024 yakni :

za1. Berdasarkan hasil pleno KPU Prov Bengkulu pada rekap Model D Hasil DPRF Prov Bengkulu bahwa Golkar meraih 10 kursi (Ketua DPRD) dan PAN meraih 6 Kursi (Waka DPRD), artinya kita Golkar-PAN sudah lebih diambang batas mengajukan calon gubernur dan wakil.

2. Menurut Model D Hasil DPR-RI suara Golkar sebanyak 324.563 (1 kursi DPR RI) dan suara PAN 188.346 (1 kursi DPR RI). Jika dijumlahkan suara keduanya 324.563 yang artinya modal besar untuk mendaulang suara.

3. Pada Pemilu 2024 ini, Partai GOLKAR dan PAN menguasai lebih dari 60 persen anggota DPRD Kab dan Kota serta unsur pimpinan, dan Kepala Daerah di Provinsi Bengkulu.

4. Jika dikuatkan dengan Koalisi Calon Presiden Prabowo – Gibran di Pemilu 2024, khusus Partai yang memiliki kursi di DPRD Prov Bengkulu maka bertambah menjadi Partai Gerindra 6 kursi (Waka Dprd) dan Demokrat 4 kursi. Sehingga ada 26 kursi pengusung H. ROHIDIN MERSYAH – H. HELMI HASAN. Tentunya ini tidaklah sulit karena ketum-ketum partai sudah sangat dekat secara emosional, terkhusus Ketua PAN H. Zulhas yang juga kakak kandung H. HELMI HASAN yang sangat disegani di kanca politik nasional.

5. Berdasarkan hasil-hasil survey di Prov Bengkulu, mayoritas warga puas dan merasakan maaf dari program-program H. HELMI HASAN yang telah 2 priode menjadi Walikota Bengkulu, dan tentunya juga kinerja dari ROHIDIN MERSYAH selaku Gubernur Bengkulu.

6. Perlu juga dipertegas bahwa antara H. ROHIDIN MERSYAH – H. HELMI HASAN telah bersahabat lama, sebagai satu alumni di Himpunan Mahasiswa Islam HMI, baik di pengurus KAHMI Wilayah Bengkulu dan ICMI, yang artinya sangatlah cair dalam menuju perjuangan bersama.