Bengkulu News #KitoNian

Timnas Indonesia Raih Poin Penuh di Fase Penyisihan Grup A AFF U-19 Women’s Championship 2023

PSSI

Tim U-19 Wanita berhasil meraih point penuh pada fase penyisihan Grup A, dalam ajang AFF U-19 Women’s Championship 2023 di Palembang. Pada laga terakhir grup ini, Sheva Imut, dkk menang telak 5-0 atas Kamboja di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Minggu (9/7).

Lima gol kemenangan Garuda Pertiwi Muda, dicetak oleh Claudia Alexandra Scheunemann (32′), Marsela Yuliana Awi (48′), Ayunda Dwi Anggraini (58′) dan dua gol dari Sheva Imut Furyzcha (60′, 93′).

Pelatih Timnas U-19 Wanita, Rudy Eka Priyambada mengatakan fisik lawan menurun di babak ke dua. Moment ini dimanfaakan dengan baik sehingga skuad merah putih tampil lebih dominan.

“Saya melihat fisik lawan mulai menurun di babak kedua, dan juga anak-anak bisa memanfaatkan, saya katakan untuk bermain sepakbola pintar, jangan terlalu banyak membawa bola, passing. Pada akhirnya bisa cetak gol,” ungkapnya.

Rudy mengaku cukup memutar otak dalam merotasi pemain kali ini. Beberapa anak asuhnya juga terlihat kurang fit sehingga harus mengganti beberapa pemain. Usaha ini cukup sukses.

“Seperti Awi, Sheva juga sebenarnya tidak fit, saya juga mencoba Claudia, kerena dia memiliki tubuh yang besar dan tinggi, setidaknya menyiapkan Claudia di masa depan untuk bisa bermain di berbagai posisi, di center back, karena kita pemain kita untuk posisi itu kurang ideal. Sejauh ini oke-oke saja, tetapi tadi ada perubahan taktik bermain, karena kita harus menang, jadi Claudia saya taruh di depan dan Helsya sebagai center back,” jelasnya.

Berikutnya, dia menjelaskan perihal Ayunda Dwi Anggraini yang selalu bermain sebagai pemain pengganti dan mencetak gol.

“Ayunda selalu masuk sebagai pemain pengganti, itu juga bagian dari strategi, karena kalau saya coba Ayunda dari awal, pemain ini wanita, kadang-kadang ada beberapa pemain dari lorong hingga menyanyikan lagu Indonesia Raya ada yang tidak bisa nafas, grogi, itu pasti. Jadi karena Ayunda membuktikan dari awal gabung dengan kita, sebagai super subs, bisa cetak gol,” kata Rudy.

Senada juga dengan pelatihnya, Sheva Imut mengucapkan syukur bisa memenangkan laga. “Permainan kami lebih enak dilihat daripada yang kemarin melawan Laos, bersyukur juga tidak ada yang cedera. Senang bisa cetak dua gol, tetapi tidak boleh berlebihan. Kalau buat kedepannya, kita harus tetap fokus, tak boleh meremehkan lawan, tetapi kita selalu siap siapapun yang menjadi lawannya nanti,” jelas Sheva.

Indonesia lolos dengan raihan sembilan poin, disusul Kamboja yang mengoleksi enam poin. Namun sesuai regulasi turnamen, kemenangan Kamboja saat bertemu peringkat terakhir Grup A (Timor Leste) itu tidak dihitung. Jadi untuk semifinal, kemungkinan akan bertemu runner up terbaik antara Malaysia atau Myanmar yang akan bermain hari Senin (10/7). Malaysia akan bertemu Vietnam di pukul 15.30 WIB, sedangkan Myanmar akan meladeni permainan Thailand pada pukul 19.30 WIB. Mereka akan bermain di Stadion Atletik Jakabaring, Palembang.

 

Baca Juga
Tinggalkan komen