Logo

Tiga Hari ke Depan Bengkulu Bakal Dilanda Cuaca Ekstrem

BENGKULU – Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Fatmawati Soekarno Bengkulu memprediksi tiga hari kedepan, sejumlah wilayah di Provinsi Bengkulu bakal terjadi cuaca ekstrem berupa hujan lebat dapat disertai angin kencang serta kilat atau petir.

“BMKG Bengkulu memperkirakan bahwa pada tanggal 23 hingga 25 tahun 2022 bakal terjadi hujan lebat disertai petir hampir di seluruh wilayah di Provinsi Bengkulu. Untuk tanggal 23 sendiri itu terjadi di daerah Kabupaten Lebong, Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah, Seluma, Bengkulu Selatan dan Kaur,” kata Anjasman, Prakirawan Cuaca BMKG Bengkulu, Senin (23/5).

“Sedangkan untuk tanggal 24 sampai 25 Mei 2022, itu hampir di seluruh wilayah di Provinsi Bengkulu diperkirakan akan terjadi cuaca ekstrem berupa hujan lebat dapat disertai angin kencang serta petir,” sambungnya.

Sementara itu, BMKG menyebut, cuaca ekstrem ini akan menyebabkan bencana alam seperti, banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang. Untuk itu, BMKG menghimbau seluruh masyarakat untuk waspada, terutama bagi warga yang tinggal di lokasi rawan bencana.

Selain itu, untuk gelombang laut hingga kini ketinggian masih mencapai 2 hingga 4 meter. Penyebab tingginya gelombang ini adanya tiupan angin dari arah utara dan adanya tekanan rendah di daerah Samudera Hindia barat Bengkulu.

“Masyarakat yang tinggal di pesisir pantai, dan bagi nelayan hati-hati. Atau berhenti dulu untuk melaut, karena kondisi ini sangat membahayakan bagi keselamatan,” tutupnya.