Logo

Tidak Ada Kontrak Politik dengan Parpol jadi Keunggulan Calon Independen

BENGKULU – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 Bengkulu kali ini cukup berbeda, pasalnya ada Balon Independen yang akan melaju ke Pemilihan Gubernur dan Walikota Bengkulu.

Anggota Dewan Provinsi Bengkulu periode 2019 – 2024, Dempo Xler, telah mendeklarasikan diri untuk maju menjadi balon Gubernur Bengkulu di Pilkada 2024.

Pengamat politik, Delfan Eko Putra mengungkapkan, Pilkada 2024 akan ada kejutan dengan lahirnya Balon jalur independen.

“Tentu pada pilgub Bengkulu 2024 ini akan ada kejutan karena saya melihat sudah ada yang mendeklarasikan diri untuk menjad calon lewat jalur indepandent,” ungkap Delfan pada bengkulunews.co.id, Minggu (24/03/2024)

Delfan berpandangan, balon yang menggunakan jalur independen, mempunyai keluasan, karena tidak memiliki kontrak politik dengan Partai pengusung.

“Calon independen ini dia sebenarnya leluasa untuk bergerak, tanpa adanya kontrak politik dengan partai politik,” ucap Delfan

Artinya, balon independen ini bebas bergerak untuk menjalankan kebijakan di pemerintahan. Di sisi lain ketika menang sebagai Gubernur, ia juga akan kesulitan menjalin komunikasi politik dengan partai – partai yang ada di parlemen.

“Tentu kalo dia tidak mempunyai partai politik, tidak berpartai, ini akan kesulitan untuk menegosiasikan, melobi, ataupun kompromi secara politik ataupun menjalin komunikasi dengan anggota – anggota partai, nah ini menjadi tantangan,” jelas Delfan

Delfan menyimpulkan, biaya politik, dan memaksimalkan kekuatan personal menjadi tantangan untuk melaju dengan jalur independen. Akan tetapi, untuk menggaet hati masyarakat, ia dapat lebih leluasa, karena tidak ada kontrak politik dengan partai politik.