Logo

Tak Layak Jalan, Bus Angkutan Lebaran ‘Masuk Kandang’

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bengkulu, Bambang Budi Djatmiko mengatakan, pihaknya segera mengecek atau ram check terhadap armada, yang akan mengangkut pemudik menjelang hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

”Kita akan cek ban, rem, lampu penerangan dan lainnya sebagai bentuk kesiapan bus yang akan mengangkut pemudik menuju kedaerahnya masing-masing,” kata Djatmiko, Jumat (16/6/2017).

Hal ini, sambung Djatmiko, dilakukan sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan oleh Dirjend Darat Kementerian Perhubungan RI, jika armada angkutan harus memiliki standar kelayakan.

”Jadi, sesuai dengan aturan itu, ketika ada bus yang tidak memenuhi standar kelayakan, maka tidak akan diikut sertakan dalam armada angkutan lebaran,” tegas Djatmiko.

Saat ini, sampai Djatmiko, pihaknya telah mengantongi beberapa PO, yang akan menjadi armada angkutan lebaran. Seperti, PO Damri yang merupakan PO pemerintah dan secara kasat mata sangat layak untuk menjadi armada angkutan lebaran nanti.

”Namun, tetap akan kita adakan ram check terhadapnya dan ketika dinyatakan tidak layak, maka akan kita kandangkan juga,” jelasnya.

”Saya harap kerjasama Dishub dan PO berjalan lancar dan arus mudik dan arus balik akan sesuai harapan,” pungkas Djatmiko.