Berita bengkulu
Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Tahun Ini, Pemkab Lebong Bangun Gedung Arsip Daerah

Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Dearah Lebong Azwardi

bengkulunews.co.id – Direncanakan tahun ini Pemkab Lebong bakal membangun bangunan Gedung Arsip Daerah tersendiri. Jika bangunan tersebut usai dibangun maka gedung Perpustakaan dan gedung Arsip bakal dikelola terpisah. Hal ini disampaikan Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Dearah Lebong Azwardi.

“Memang tahun ini kita dikabarkan dari pihak pemerintah daerah bahwa akan ada pembangunan gedung kantor arsip daerah di areal komplek perkantoran pemda kabupaten Lebong. Kalau masalah anggarannya kita belum ada bocoran dari pihak Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Lebong,” ujar Azwardi.

Dengan dibangunnya Gedung Arsip Daerah terpisah dari Perpustakaan Daerah Kabupaten Lebong diharapkan pengelolaan arsip daerah menjadi lebih terarah. Azwardi menerangkan, arsip daerah itu banyak segi yang bisa dipelajari. Bagaimana sejarah kabupaten Lebong berdiri, apa saja perda yang berlaku di Kabupaten Lebong ini, Surat Keputusan Bupati Lebong yang pernah dikeluarkan dan arsip lainnya.

“Memang ini semua butuh kerja sama dan bantuan dari semua pihak. Terutama dari seluruh SKPD maupun tokoh masyarakat yang ada di Kabupaten Lebong maupun masyarakat pemerhati pembangunan di Kabupaten Lebong. Arsip Daerah adalah hal penting yang mendasari suatu peristiwa, arsip daerah adalah sejarah daerah, tanpa arsip kita tidak bakalan tahu berdirinya Lebong ini itu seperti apa,” papar Azwardi.

Ke depan ia berharap, Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah kabupaten Lebong lebih mandiri dan membantu menyokong pembangunan di segala aspek pembangunan terutama pembangunan mental dan pendidikan generasi muda Lebong agar tahu sejarah. “bisa menjalankan yang sekarang dan dapat menyusun perencanaan pembangunan kabupaten Lebong untuk tahun-tahun yang akan datang,” demikian Azwardi. (118)

Baca Juga
Tinggalkan komen