Logo

Surau Unik Tanpa Atap di Kelurahan Berkas, Tempat yang Tenang untuk Jemaah

BENGKULU – Masjid tanpa atap di Kelurahan Berkas Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu menjadi pusat perhatian para jemaah baik dari dalam maupun luar daerah.

Salah satu jemaah Masjid Tanpa Atap Irwan (43), mengatakan sejak 2016 silam dirinya dan keluarga kerap kali menyempatkan diri melakukan ibadah d imasjid ketika mengunjungi Bengkulu.

“Saya ini dari Padang, tahun 2016 saya dimutasi kerja ke bengkulu. Melihat Surau ini, terus tertarik, di sini kok ada surau, tapi tidak ada atapnya,” kata Irwan pada Bengkulunews.co.id Senin (27/06/22) siang.

Irwan mengatakan dirinya merasakan sesuatu yang berbeda, saat beribadah di Masjid tersebut.

“Ada ketenangan saja dan berbeda dari masjid lain, tapi kembali kepada individu kita sendiri,” tuturnya.

Ia juga mengaku kagum, karena air di masjid tersebut tidak terasa asin walau dekat dengan pantai. Tidak hanya itu, dari cerita sang pengurus masjid ini merupakan tempat berkumpulnya jin islam.

“Katanya, memang ada secara spiritual disini tempat satu titik, berkumpulnya jin islam,” sambung Irwan.

Namun menurutnya secara agama islam, ada beberapa pemahaman serta keyakinan yang berbeda.

“Mungkin ada pemahaman lain, islam itukan bermacam. Secara tersurat dan tersirat, mungkin ada beberapa hal yang berbeda bagi mereka,” ujanya.

Terlepas dari hal tersebut, Irwan berharap kedepannya masjid ini dapat mengalami perkembangan. Sehingga ketenangan yang dirasakannya juga dirasakan oleh banyak jemaah.

“Pesan saya satu, inikan semacam dari cerita dulu. Turun temurun, bisa dikatakn suatu cagar budaya secara islami harus ditata kembali. Sehingga, masyarakat baik dari luar atau dalam, dapat melaksanakan ibadah spiritualnya disini,” demikian Irwan.