Logo

Suka Selfie? Cobain di Pulau Kumayan, Banyak Spot Menarik Lo!!

KOTA BENGKULU – Tenang, teduh dan nyaman. Itulah kata yang bisa menggambarkan Pulau Kumayan. Pepohonan yang rindang serta danau yang merefleksikan hutan bakau menjadikan tempat ini cocok untuk bersantai bersama keluarga.

Pulau Kumayan adalah objek wisata yang terletak di area Cagar Alam Danau Dendam Tak Sudah, Kelurahan Surabaya Kecamatan Sungai Serut Kota Bengkulu.

Pulau Kumayan. Foto, BN

Lahan seluas hampir lima hektare ini dulunya hanyalah rawa biasa sebelum diubah menjadi lokasi wisata yang menarik. Pemilik lahan, Hermansyah melihat rawa ini dari sisi yang berbeda. Mulailah pada tahun 2019 lokasi ini digarap menjadi tempat yang indah.

Untuk masuk ke sini pengunjung hanya dikenakan tarif Rp 7 ribu per orang. Biaya ini sekaligus tiket parkir kendaraan sebesar Rp 2 ribu. Itu jika hanya ingin bersantai, beda lagi jika pengunjung berminat untuk mencoba berbagai fasilitas lain seperti memancing, menaiki bebek air atau berkaraoke.

Pulau Kumayan. Foto, BN

Tarif memancing dikenakan sebesar Rp 20 ribu hinggu pukul 17.30 Wib. Tarif yang sama juga berlaku pada bebek air dan karaoke. Bedanya tarif bebek air hanya berlaku per setengah jam sementara karaoke per satu jam.

Namun semua fasilitas itu tidak wajib untuk dilakukan pengunjung. Dengan biaya masuk tadi saja, pengunjung bisa mengakses seluruh tempat yang ada di wilayah Pulau Kumayan.

Pulau Kumayan. Foto, BN

Di tempat ini, banyak spot menarik dan unik bagi para penyuka selfie. Mulai dari jembatan kayu di atas air, bangunan berbentuk hati, sangkar burung, rumah pohon hingga tangga yang seolah mengajakmu menuju ke langit.

Pengunjung bisa melintasi jembatan kayu selebar kurang lebih setengah meter yang menghubungkan satu spot ke spot lain. Dari sini pengunjung juga bisa menyaksikan rerimbunan bakau dan beberapa patung lucu.

Pulau Kumayan. Foto, BN

Pulau Kumayan biasanya ramai dikunjungi pada hari libur dan akhri pekan. Jaraknya hanya sekitar 15 menit dari pusat Kota Bengkulu. Dari perempatan Nakau, pengunjung masuk ke arah Air Sebakul sekira 3 kilometer. Lalu setelah menjumpai baliho Pulau Kumayan, pengunjung masuk ke lokasi yang berjarak hanya setengeh kilometer dari jalan raya. (red/adv)