Bengkulu News #KitoNian

Sudut Kota Bengkulu Kini Diawasi CCTV

Monitoring Center

KOTA BENGKULU – Kini di Kota Bengkulu, telah terpasang 33 unit cctv yang tersambung dalam tiga jalur kawasan di Kota Bengkulu. Pengawasan jalur tersebut berpusat di Monitoring Center, tepat satu halaman dengan Dinas Pariwisata (Dispar) Kota.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Bengkulu Medy Pebriansyah, pada Rabu (19/12), saat peresmian Monitoring Center.

Diterangkan Medy, pembangunan jaringan cctv yang telah dimulai sejak 2017 lalu, terbagi atas tiga koridor.

“Koridor I berlokasi di Pantai Jakat, Pantai Panjang, Lingkar Barat dan Pagar Dewa. Koridor II berlokasi di Kampung Cina, Simpang Jamik Jl. Suprapto, Simpang Lima, Padang Jati. Untuk koridor III berlokasi di Kampung Bali, Suka Merindu,” jelas Medy.

Lebih lanjut, sejak dimulainya pembangunan jaringan, koneksi sudah langsung terhubung dengan Command Center Polda dan Command Center Polres Kota Bengkulu. Bukan tidak mungkin, pada 2019 mendatang akan ada penambahan unit cctv lagi.

“Di samping untuk pemantauan jaringan cctv, monitiring center juga memantau pelaporan masyarakat berbasis online berbasis web melalui lapor SP4N, pemantauan media sosial dan pelayanan PPID online,” tukas Medi.

Sementara itu, wakil wali kota Bengkulu, Dedi Wahyudi menyampaikan, monitoring center ini mampu meningkatkan keamanan dan kenyamanan warga Kota dalam berkendara, serta membantu kepolisian Kota dalam menekan angka kriminalitas.

“Salah satu fungsi dari monitoring center ini adalah memantau aktivitas yang berada di titik strategis kota bengkulu, sehingga melalui monitoring center ini Pemkot Bengkulu berupaya meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat Kota Bengkulu. Selain itu, melalui monitoring center ini juga diharapkan membantu kepolisian dalam menekan angka kriminalitas,” demikian Dedi.

Baca Juga
Tinggalkan komen