Siasat Pemkot Akali Tempat Sampah yang Kelebihan Kapasitas

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu Riduan. MC

BENGKULU – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu Riduan mengaku menyiapkan beberapa langkah untuk mengatasi Tempat Pembuangan Akhir yang melebihi kapasitas.

Riduan menyebut penumpukan sampah di TPA dapat diatasi dengan dua cara. Pertama memilah jenis sampah organik dan anorganik untuk mempercepat penguraian.

“ika sampah semuanya bercampur antara organik dan anorganik maka diskomposisi akan lambat, sebaliknya jika dilakukannya pemilahan sampah maka akan menpercepat proses penguraian,” kata Riduan dilansir laman media center Kota Bengkulu, Senin (9/01/2023).

Langkah kedua, kata Riduan, bisa dilakukan dengan cara membuat bank sampah di setiap kelurahan di Kota Bengkulu. Langkah ini juga berperan untuk memberi kesadaran kepada masyarakat.

“Ini langkah yang efektif sebagai gerakan menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat, sebagai salah satu sarana edukasi dalam mengurangi sampah sekaligus dapat menghasilkan dan menambah pendapatan masyarakat,” lanjutnya.

Cara ini telah diterapkan di kelurahan Sumber Jaya dan Kandang Mas. Kedua kelurahan ini juga telah melakukan beberapa program pengelolaan sampah dari membuat pupuk hingga masyarakat telah membayar retribusi pengangkutan sampah.

“Mungkin ke depan bisa diikuti oleh kelurahan-kelurahan lainnya,” pungkas.

Baca Juga
Tinggalkan komen