Logo

Serapan Anggaran Minim, Copot Kepala OPD

Suharto

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Wakil ketua I DPRD Provinsi Bengkulu, Suharto meminta, kepada pelaksana tugas (plt) Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, mengganti kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yang serapan anggarannya masih minim.

”Saya kira Plt Gubernur harus mengevaluasi kinerja dari kepala OPD dibawah naungannya. Hal ini dikarenakan minimnya serapan anggaran yang dilakukan oleh masing-masing OPD,” kata Suharto, Kamis (3/7/2017).

Dirinya menganggap, pentingnya bagi Plt Gubernur untuk mengevaluasi setiap kepala OPD, terkait kinerjanya dalam membantu pemerintah menuntaskan program kerjanya.

”Misalnya pembangunan infrastruktur, jika serapan anggarannya minim artinya masih banyak proyek pembangunan infrastruktur yang belum direalisasikan oleh OPD terkait,” ujar Suharto.

Hal ini dilakukan, sambung Suharto, dikarenakan realisasi pembangunan yang menyerap sebagian dari APBD adalah hal yang paling ditunggu oleh masyarakat.

”Jika hingga saat ini masih belum ada realisasi, maka pemerintah wajib mempertanggung jawabkan hal ini kepada masyarakat,” sampai Suharto.

Jika serapan anggaran dari OPD tidak maksimal, kata Suharto, sudah bisa dipastikan terjadi silva terhadap APBD Provinsi Bengkulu, seperti tahun lalu.

”Kita tidak menginginkan APBD dipangkas lagi, seperti tahun sebelumnya oleh pemerintah pusat,” pungkas Suharto.