Logo

Separuh Warga Seluma Tidak Ikut BPJS

Kepala Kanor BPJS Seluma, Jery Ardan

SELUMA, bengkulunews.co.id – Mengacu pada data 2016, tingkat kepesertaan warga Seluma yang menjadi peserta Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) hanya 120.000 orang atau setara 58 persen dari total peduduk.
“Sisanya hanya 42 persen yang belum terdaftar dalam kepesertaan BPJS,” kata Kepala Kanor BPJS Seluma, Jery Ardan, Selasa (25/7/2017, diruang kerjanya.
Para peserta BPJS tersebut berasal dari peserta mandiri sebanyak 12.000 sampai 13.000 peserta, peserta yang didaftarkan oleh Pemda/Jamkesda (7.061 peserta), PNS, TNI/Polri (6.000 peserta) dan penerima Bantuan Iuran (PBI) (80.000 peserta) Warga lainnya yang belum terdaftar diperkirakan ada yang sudah menjadi perserta jaminan kesehatan serupa hingga ada juga warga yang belum sepenuhnya menyadari manfaat menjadi peserta BPJS.
Karena mengacu pada Undang-undang Nomor 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN), seluruh masyarakat akan dijamin kesehatanya dan juga kepesertaanya bersifat wajib, tidak terkecuai masyarakat yang tidak mampu.
“Peserta akan mendapatkan banyak manfaat, mecakup pelayanan pencegahan dan pengobatan, penyuluhan kesehatan, imunisasi, keluarga berencana hingga skrining kesehatan,” tutup Jery.