Logo

Sejarah Hari Persahabatan Sedunia 30 Juli 2022

Hari Sahabat Sedunia dibentuk langsung oleh Majelis Umum PBB, dengan hahasan bahwa persahabatan antara masyarakat, negara bahkan budaya dan individu rupanya dapat menginspirasi upaya perdamaian dan membangun jembatan antara komunitas.

Hari peringatan sahabat sedunia, rupanya bermula dari inisiatif mengikuti proposal yang dibuay UNESCO. Dalam proposal tersebut, mendefinisikan Culture of Peace atau Budaya Perdamaian.

Sebagai kesatuan nilai, sikap, serta perilaku yang menolak kekerasan serta upaya untuk mencegah konflik dengan mengatasi akar masalah.

Ide tersebut lalu diadopsi oleh Majelis Umum PBB ditahun 1997 dan mulai diperkenalkan oleh Majelis pada tahun 2011. Adanya hari peringatan ini, diharapkan dapat menghubungkan orang dan membangun jembatan baik antar negara maupun budaya.

Namun ternyata jauh sebelum hari persahabatan ditetapkan oleh PBB, peringatan ini rupanya sudah pernah diusulkan sebelumnya.

Pada tahun 1958 secara perdana dilakukan oleh organisasi World Friendship Crusade. Organisasi ini merupakan komunitas sipil internasional yang mengkampanyekan budaya damai, melalui persahabatan.

Negara pertama yang merayakan hari persahabatan ini adalah Paraguay, bahkan pada tahun 1919 Amerika Serikat juga pernah memperingati hari persahabatan secara resmi.

Pada tahun 1930 sudah bermulai adanya kartu ucapan, untuk diperkenalkan oleh perusahaan Hallmark dalam menunjukkan hubungan spesial berbentuk ucapan.

Pada zaman sekarang perayaan hari persahabatan, dilakukan dalam bentuk memberi hadiah kepada satu sama lain.