Sejarah Hari Peringatan Guru Sedunia yang Dirayakan Pada 5 Oktober

Penulis : Cindy

Ilustrasi. Dok, BN

Peringatan hari guru sedunia ini dilakukan untuk memberikan apresiasi atas jasa mereka yang dirayakan setiap tanggal 5 Oktober.

Rupanya peringatan ini berdasarkan rekomendasi dari ILO/UNESCO mengenai status guru yang berkaitan dengan hak dan tanggung jawab guru pada tahun 1996.

Pada saat itu ILO/UNESCO menyelenggarakan konfersi antara pemerintah di Paris, Prancis. Tujuanya adalah untuk memperjelas status guru, pada akhir konfersi perwakilan UNESCO dan ILO menandatangani rekomendasi konfersi tersebut.

Sedangkan untuk rekomendasi status tenaga pengajar pendidikan tinggi baru diadopsi pada tahun 1997. Hal ini dilakukan untuk mencakup tenaga pengajar dipendidikan tinggi, serta dalam hal memusatkan perhatian kepada guru atas semua kontribusi dan prestasi mereka terhadap dunia pendidikan.

Berikut rekomendasi kado yang bisa diberikan pada guru :

1. Kartu ucapan

Buat Anda yang ingin mengungkapkan rasa terimakasih kepada guru, bisa saja memberikan kartu ucapan atau surat ya. Didalamnya bisa berupa kalimat terimakasih atas jasa yang sudah diberikan guru kepada Anda atau kalimat puitis menggambarkan kekaguman Anda pada guru.

2. Video Dokumentasi Atau Foto Bersama Guru

Nah lebih kreatif lagi Anda bisa memberikan cuplikan video dokumentasi ataupun kumpulan foto saat Anda menjalankan pembelajaran ataupun kegiatan bersama guru. Hal ini akan meninggalkan momen yang berharga bagi sang guru.

3. Kue

Dengan banyaknya jenis kue yang saat ini sedang booming seperti Bento Cake, bisa jadi rekomendasi untuk Anda berikan kepada guru.

Di kue tersebut Anda dapat melukis wajah guru yang Anda saying ataupun kalimat ucapan yang manis. Jika Anda bisa memiliki skill memasak, bisa mencoba membuat kue sendiri ya.

Rekomendasi lainnya Anda dapat memberikan kado yang bisa dijadikan kenang-kenangan oleh guru saat Anda lulus sekolah. Namun ingat ya pemberian yang tulus jauh lebih berarti loh

Baca Juga
Tinggalkan komen