Bengkulu News #KitoNian

Satu Lagi Pemain Keturunan Resmi Memperkuat Timnas Indonesia

Jay Idzes resmi menyandang status WNI. PSSI

Bek tengah klub Serie B Italia Venezia FC, Jay Idzes resmi menyandang status Warga Negara Indonesia (WNI) setelah melakukan pengambilan sumpah dan janji setia di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Kamis (28/12).

Pemain bernama lengkap Jay Noah Idzes ini merupakan pemain belakang yang lahir pada 2 Juni 2000 di Mierio, Belanda. Pria berpostur 191 cm ini memiliki darah Indonesia dari kakek dan neneknya.

Ia mengaku senang setelah bisa menyelesaikan proses pindah kewarganegaraannya. Jay juga menyatakan hari ini adalah hari luar biasa dan tidak sabar untuk segera membela Timnas Indonesia.

“Perasaan saya senang, tentu saja. Akhirnya saya bisa menyelesaikan prosesnya dengan baik dan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Ini adalah hari yang luar biasa dan saya dalam kondisi baik,” ungkapnya.

“Saya ingin berterima kasih kepada Ketum PSSI Bapak Erick Thohir juga pemerintah Indonesia. Saya siap memberikan segalanya untuk negara ini. Saya sudah tidak sabar ingin bergabung dengan tim dan bermain untuk Indonesia,” kata Idzes.

Proses naturalisasi Idzes pun berlangsung singkat. Komisi III dan X DPR RI menyetujui pengajuan naturalisasi dan mengetuk palu dalam paripurna sehari setelahnya.

Jay Idzes menambah nama-nama pemain keturunan dalam skuad Timnas Indonesia. Sebelumnya, beberapa pemain seperti Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Rafael Struick dan Justin Hubner telah lebih dulu menyandang status WNI.

Setelah menjalani pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia di Kanwil Kemenkumham, Jay Idzes langsung menuju kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta kantor Imigrasi untuk mengurus KTP dan paspor.

Profil Jay Idzes

Jay Noah Idzes lahir di Mierlo, Belanda pada 2 Juni 2000. Darah Indonesia diwarisinya dari kakek dan neneknya. Saat ini kedua orang tua Jay Idzes masih tinggal di Belanda.

Awal kariernya dimulai ketika dia bergabung dengan salah satu klub amatir, SC Brabant, di Mierlo. Saat berusia 9 tahun, ia menimba ilmu sepak bola di PSV Eindhoven selama 3 tahun.

Pada tahun 2014, Idzes bergabung dengan Akademi VVV-Venlo & Helmodsports. Setelah 2 tahun berlatih, ia kemudian bergabung dengan klub Eerste Divisie lain yakni FC Eindhoven.

Ia berhasil masuk ke tim utama FC Eindhoven dan mencatatkan 57 penampilan. Pada Juli 2020, Jay Idzes direkrut Go Ahead Eagles. Ia lalu pindah ke klub Italia Venezia

Bersama Venezia, Jay Idzes selalu bermain penuh dan menjadi andalan timnya. Ia berhasil meraih empat kali di Serie B dan satu kali di Coppa Italia.

Baca Juga
Tinggalkan komen