Logo

Sampai Juli, Capaian PAD Rejang Lebong 41,28 Persen

REJANG LEBONG – Hingga Juli 2018, realisasi penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rejang Lebong mencapai 41 persen dari total target Rp. 93,3 miliar. Hal itu dibenarkan oleh Kabid Penagihan dan Pendapatan, Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Rejang Lebong, Hari Mulyawan.

“Untuk bulan agustus datanya masih diinput jadi belum tau besaran barunya,” ujar Hari, Rabu (5/9/2018).

Ia menjelaskan bahwa sampai dengan bulan Juli, PAD sudah terealisasi sebesar 38.53 Miliar. Penarikan PAD tersebut didapatkan dari Pajak dan Retribusi, Hasil pengelolahan kekayaan dan lainnya di 12 OPD yang ada di Rejang Lebong.

Hari mengupayakan agar target tersebut bisa terealisasi sepenuhnya sampai dengan bulan Desember mendatang. Apabila target tersebut tidak tercapai maka pihaknya akan mensurati OPD yang ada untuk diketahui permasalahannya.

“Kita upayakan kepada OPD melalui surat untuk melakukan upaya optimalisasi sampai akhir tahun ini, apabila tidak terealisasi sepenuhnya maka kita akan meminta alasannya, apabila alasan tersebut bisa dipertanggungjawabkan terpaksa akan dievaluasi ulang,” jelas Hari.

Hari juga menjelaskan bahwa setiap tahunnya target PAD selalu naik dan pada tahun ini naik 10 persen dari tahun sebelumnya. Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, setiap tahun realiasi pencapaian PAD terus meningkat walaupun tidak ada 100 persen perealisasiannya tapi ada peningkatan dalam realisasi.