Ratusan Calon PPK di Kota Bengkulu Jalani Tes CAT

BENGKULU – Sebanyak 499 calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kota Bengkulu mengikuti tes tertulis menggunakan sistem computer assisted test (CAT) di gedung LPTIK Universitas Bengkulu, Selasa (06/12) pagi.

Sebelumnya seleksi calon PPK diikuti 991 pendaftar. Dari jumlah tersebut, 499 pendaftar yang melakukan upload berkas dan dinyatakan lengkap serta berhak mengikuti tes CAT.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu, Martawansyah mengatakan, dari jumlah peserta yang mengikuti tes CAT ini, nantinya akan kembali diseleksi. Bagi yang lolos, akan melaju ke tahap selanjutnya hingga nantinya dipilih 5 anggota PPK di setiap kecamatan di Kota Bengkulu.

“Nanti setelah tes CAT ini yang lulus hanya 15 orang. Jadi 3 kali kebutuhan. Jadikan setiap kecamatan 5 PPK. Untuk CAT ini 3 kali kebutuhan jadi 15 orang,” jelasnya.

Ditambahkan Martawansyah, tes CAT ini digunakan karena dinilai lebih transparan dan dijamin tidak ada kecurangan dari peserta.

Disisi lain, untuk tahun ini diketahui gaji para PPK di Kota Bengkulu mengalami kenaikan, yaitu sebesar Rp. 2,5 juta untuk ketua dan Rp. 2,2 juta untuk anggota.

“Dari sebelumnya pada Pemilu 2019 sebesar Rp. 1,8 juta untuk ketua dan Rp. 1,6 juta untuk anggota,” tandasnya.

Baca Juga
Tinggalkan komen