Logo

Polda Bengkulu Tangkap Sindikat Pembobol Bank

BENGKULU – Polda Bengkulu menangka tersangka pembobol bank saat beroperasi di BRI KCP Rafflesia, jalan Semangka Panorama Kota Bengkulu, Selasa (15/02/2022). Tersangka ditangkap saat hendak melakukan transaksi ilegal.

Direktur Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Bengkulu Kombes Pol Teddy Suhendyawan Syarif mengatakan, tersangka BP ditangkap usai petugas bank melihat ada kejanggalan pada dokumen yang dibawa tersangka.

“Dilihat ada kejanggalan dan identitas yang tidak sesuai. Sehingga pada saat itu langsung dibawa ke Mapola Bengkulu untuk diproses lebih lanjut,” katanya, Selasa (22/02/2022).

Setelah dilakukan pemeriksaan, tersangka diketahui tidak sendirian. Bersama tersangka BP, polisi juga menangkap enam tersangka lain dengan tugas dan perannya masing-masing.

Keenam tersangka yakni, FH, HK, ER, AS asal Sumatera Utara, RA asal Sumbar dan DA asal Pekan Baru. Pelaku juga mengamankan sejumlah barang bukti berupa KTP palsu dan buku rekening palsu.

Komplotan ini disebut juga telah beroperasi di berbagai daerah seperti Lampung, Batam, Palembang, Padang, Bangka Belitung, Bengkulu dan Semarang. Para pelaku berhasil menggasak total dana nasabah sebanyak Rp 2.9 miliar.

“Dari ungkap kasus ini kita berhasil mengamankan tujuh orang. Di Semarang berhasil menangkap enam orang dengan berbagai bank cabang di Semarang, sekitar enam bank,” sampai Teddy.