Logo
Dempo Xler

PMD Kucurkan Rp1,03 T untuk Retas Desa Tertinggal

PMD Kucurkan Rp1,03 T untuk Retas Desa Tertinggal

 

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Banyaknya Desa tertinggal di Provinsi Bengkulu yang menyentuh diangka 653 Desa se Provinsi Bengkulu membuat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Bengkulu meningkatkan dana untuk meretas ketertinggalan desa.

“Tahun 2016, kami hanya mengucurkan 800 milyar, dan di tahun ini kami akan mengucurkan 1,03 Triliun untuk mengurangi ketertinggalan desa di Provinsi Bengkulu,” ungkap Kepala Dinas PMD, Ali Sadikin saat ditemui diruang kerjanya, Senin (10/4/2017) pagi.

Untuk tahap kucuran dana tersebut, kata Ali, pihaknya akan mengucurkan dana sesuai denga kebutuhan dari desa tersebut. Jadi, tidak ada istilah nominal yang akan dikucurkan.

“Misalnya, Desa A memerlukan Infrastruktur maka kita akan bangun infrastrukturnya, Desa B memerlukan aliran listrik kita pun akan aliri Desa tersebut dengan bekerja sama dengan Dinas ESDM,” jelasnya.

Ditambahkannya, tahun lalu pihaknya telah berhasil menurunkan jumlah desa yang terindikasi ketertinggalan, dan ditahun ini target kami akan terus menurunkan angka tersebut sehingga tidak ada desa tertinggal di Bengkulu.

“Kami kerja sistem keroyokan sesuai dengan kebutuhan yang ada di desa tersebut, misalnya infrastruktur kami akan bekerjasama dengan Dinas PU, begitupun yang lain sebagai upaya kami untuk meretas desa tertinggal,” sambungnya.

Hal ini dilakukan karena untuk keefektifan sebuah desa yang terindikasi tertinggal, maka kita akan berdayakan sesuai dengan kebutuhan serta aparatur yang akan kita berdayakan pula sehingga mampu mengelolah Desa tersebut menjadi lebih maju.

“Kita akan mendongkrak sebuah Desa, baik dari segi infrastruktur, pemberdayaan SDM nya maupun siatem pengelolaannya.” tandasnya.