Bengkulu News #KitoNian

Pernah Down Karena Suara Berubah, Latifah Bangkit Kalahkan Rasa Ragu

Pemenang juara satu lomba menyanyi solo putri FLS2N Provinsi Bengkulu, Latifha Tria Nurjana. Foto, dok/BN.

BENGKULU – Latifah Tria Nurjana siswi dengan suara emas ini merupakan pemenang penyanyi solo putri yang berhasil merebut posisi pertama dalam kegiatan Festival dan Lomba Siswa Seni Nasional (FLS2N) se Provinsi Bengkulu. Sedari duduk di bangku Taman Kanak-kanak bakatnya tersebut sudah terlihat, ketika Latifah tampil di depan kelas.

 

Lewat hal tersebut Ia mulai mengisi beberapa perlombaan dan selalu mendapatkan juara baik satu, dua hingga tiga berhasil Ia jajali. Belum lagi rasa percaya diri yang tinggi membuat semangatnya semakin membara. Bahkan dapat menghapalkan lagu baru hanya dalam waktu beberapa hari saja.

 

Sedikit berbanding terbalik dengan karakternya yang pemalu dan introvert, ketika bernyanyi Ia merasa lebih bebas berekspresikan diri. Bahkan menyanyi merupakan bagian dari jiwanya, sehingga tidak bisa dilepaskan. Latifah sendiri selalu berani dalam mengambil berbagai rintangan dan menurutnya hal tersebut merupakan sesuatu yang seru.

“Saya orang yang pemalu dan termasuk introvert. Tapi kalo soal menyanyi, jangan di tanya terlebih mengenai tantangan dalam bernyanyi. Saya juga suka dan malah semangat dalam hal tantangan atau challenge menyanyi. Waktu itu saya pernah waktu mengikuti lomba lagu daerah dan diminta guru menghapkannya dalam waktu empat hari. Alhamdulillah dalam jangka waktu yang sangat singkat itu, saya dapat menyelesaikan tantangan tersebut dan meraih juara satu,” kata Latifah pada Bengkulunews.co.id Senin (18/09/23) siang.

 

Ia kembali mengikuti lomba FLS2N ketika masih duduk di bangku kelas VIII SMP tahun 2019, bahkan masuk dalam tingkat Provinsi untuk mewakili daerah. Sayangnya Ia harus gugur karena tenggorokan yang bermasalah, bahkan Latifah pernah merasa lelah, takut hingga trauma dengan menyanyi karena suaranya yang berubah.

 

Kemudian Ia masih mengikuti lomba-lomba lain, namun dirinya merasa tidak percaya diri karena suaranya yang pecah dan tidak sebagus saat dahulu. Walaupun masih meraih juara di beberapa perlombaan, rasa percaya dirinya menjadi turun drastis. Bahkan Ia pernah berfikir tidak ingin mengikuti lomba menyanyi lagi karena suaranya yang berubah.

 

“Jadi waktu saya SMP mungkin karena faktor puber, suara jadi sempat berubah. Awalnya saat menyanyi suara saya bulat, tapi malah jadi cempreng. Dan hal itu sudah saya sadari dan rasakan saat fls2n 2019 di kelas 8 tersebut. Semenjak itu saya mulai kurang percaya diri dengan suara. Ditambah lagi mengingat bahwa perbedaan di saat SD dan SMP sangatlah berbeda. Bahkan sering berfikir, kok suaraku jelek ya sekarang? Padahal waktu SD bagus banget dan selalu percaya diri sama suara sendiri,” jelasnya.

 

Hingga sejak itu setiap mengikuti lomba rasa grogi dan cemas meliputi dirinya. Tidak hanya suara yang berubah tetapi juga Ia merasa kualitas tinggi yang di keluarkan menurun. Latifah mulai malas untuk berlatih dan merasa trauma ketika mulai bernyayi, Ia takut jika suaranya tidak sampai ke nada tinggi.

 

Ia merasa kesal, sedih bahkan kecewa dengan suaranya yang berubah tersebut. Belum lagi setiap latihan selalu saja ada nada yang tidak sampai dan tidak bagus. Untungnya berkat dukungan sang ibu dan semangat darinya Latifah terap konsisten mengikuti latihan.

 

Setelah perjalanan panjang Ia mulai berani mengikuti lomba kembali dengan rasa percaya diri yakni dalam acara FLS2N se Provinsi Bengkulu 2023. Setelah melakukan yang terbaik Ia meyerahkan semua hasilnya kepada Tuhan, siapa sangka justru Ia dapat meraih posisi pertama.

 

“Alhamdulilah saya mendapat juara satu, tapi masih tidak percaya. Sampai bilang ya Allah, ini beneran ya? Juara satu? Untuk terakhir kalinya ikut fls2n? Ditutup dengan nasional,” curhat Latifah.

 

Lewat pengalamannya tersebut Ia sangat bersyukur, perubahan suaranya bukanlah halangan bagi dirinya untuk terus maju meraih mimpi.

Adapun sederet prestasi yang telah diraihnya sebagai berikut :

  1. Juara tiga solo song tingkat TK Provinsi Bengkulu 2011.
  2. Juara dua solo putri FLS2N tingkat Sekolah Dasar (SD) Provinsi Bengkulu 2013.
  3. Juara satu solo putri FLS2N tingkat Sekolah Dasar (SD) Provinsi Bengkulu 2014 dan perwakilan Provinsi ke Nasional.
  4. Juara tiga tari kreasi FLS2N 2015.
  5. Juara dua solo putri FLS2N tingkat SD Provinsi Bengkulu 2016.
  6. Juara tiga solo song putri FLS2N tingkat SD Provinsi Bengkulu 2017.
  7. Juara tiga lomba lagu daerah dan dangdut tingkat SMP 2021.
  8. Juara satu empat kali berturut-turut lagu pop, juara dua solo song putri lagu dangdut Melayu, Juara tiga lagu bahasa Inggris (November 2022- Maret 2023).
  9. Juara satu solo song putri FLS2N tingkat SMA Provinsi Bengkulu 2023.

 

Masih banyak sederet prestasi yang didapatkan oleh Latifah sebelum Ia berhasil meraih posisi pertama lomba menyanyi solo putri di FLS2N SMA Provinsi Bengkulu 2023. Saat ini dirinya tengah fokus berlatih bernyayi dan mengembangkan bakat dalam menari.

 

“Sekarang mau fokus kembangin bakat dahulu, karena saya selain hobi  menyanyi dan menari sejak kecil  juga suka main catur. Bahkan pernah mendapat juara, jadi mau mengembangkan bakat lebih lagi,” demikian Latifah.

Baca Juga
Tinggalkan komen