Bengkulu News #KitoNian

Pengguna Listrik Pulsa Terus Bertambah, Rupanya Ini Keuntungannya

Paris El Hakim
Paris El Hakim

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Program unggulan Perusahaan Listrik Negara (PLN) yakni listrik pintar atau biasa dikenal dengan listrik pulsa kini makin diminati. Masyarakat mulai sadar betapa pentingnya menghemat listrik.

Memang, PLN menganjurkan masyarakat untuk menggunakan listrik pulsa. Karena banyak keuntungan yang didapat dari listrik prabayar ini dibandingkan pascabayar.

Manager Area PLN Bengkulu, Paris El Hakim, menyampaikan, persentase pengguna listrik pulsa ini kian bertambah. Baik pengguna baru ataupun pengguna pasca bayar yang beralih jadi prabayar (Migrasi).

“Tidak salah masyarakat khususnya Bengkulu beralih ke listrik pulsa. Selain banyak keuntungannya, kWh listrik pintar ini memiliki teknologi terkini, jadi dari sisi keakuratan jauh lebih baik,” ujarnya.

Lanjut Paris, beberapa keuntungan menggunakan listrik pulsa, pertama, semua pengendalian ada di pelanggan. Pelanggan bisa melihat berapa pulsanya dan berapa pemakaiannya setiap hari dengan pemakaian apa saja.

“Dari sini, pelanggan tahu dari satu lampu ataupun alat elektronik lainnya menghabiskan berapa kWh dalam beberapa jam. Bila tak diperlukan bisa dipadamkan saja. Jadi setiap bulannya pelanggan mengetahui berapa pulsa yang dibutuhkan, yang pasti lebih hemat,” kata Paris.

Kedua, tidak ada biaya beban dan ini murni pemakaian. Bila dibandingkan dengan pasca bayar hal ini sangat menguntungkan, karena pada pasca bayar pakai atau tidak setiap bulan tetap bayar tapi prabayar tidak.

Lalu selanjutnya bebas dari pemutusan, bila pulsa sudah mau habis alarm akan berbunyi. Jika pulsa tidak diisi lampu tidak akan menyala sampai pelanggan mengisi pulsa.

“Terakhir, ini yang juga tak kalah penting, pelanggan tidak kawatir kesalahan dalam membaca meteran. Bila dengan pasca bayar, pelanggan sering bertanya-tanya kenapa bulan ini mahal ya, padahal bulan kemarin murah. Nah itu tidak akan terjadi lagi, karena listrik pintar lebih akurat,” ungkapnya.

Paris mengharapkan seluruh masyarakat Bengkulu beralih ke listrik pintar. Apalagi yang sering keluar kota dan super sibuk, listrik pintar sangat cocok.

“Beralih dari pasca bayar ke prabayar gratis kok. Pelanggan hanya bayar rekening berjalan dan beli pulsa perdana minmal Rp 20 ribu. Bila ada pungutan biaya cepat laporkan ke PLN,” cetusnya.

Saat ini, PLN terus berupaya mengajak masyarakat untuk beralih ke listrik prabayar. TNI dan Polri juga sudah memerintahkan asrama untuk menggunakan prabayar.

“Bahkan, di Bengkulu ada desa yang 100 persen menggunakan listrik pintar ini, salah satunya Desa Petenong Muara Aman. Di Kota Bengkulu juga ada beberapa desa yang seperti itu di rayon Nusa Indah. Dan ini akan terus bertambah,” pungkas Paris.

Baca Juga
Tinggalkan komen