Logo

Pemkot Berencana Ganti Nama Jalan di Pekan Sabtu, Pakai Nama Mantan Bupati Bengkulu Utara

BENGKULU – Pemerintah Kota Bengkulu berencana mengganti nama jalan regional Air Sebakul di kawasan Kelurahan Pekan Sabtu menjadi jalan Letkol Boerhan Dahri.

Kadishub Kota Bengkulu Hendri Kurniawan menyebutkan, nama Boerhan Dahri dipakai sebagai penghormatan terhadap jasa Veteran asal Tais tersebut.

“Pertama, memang ini sudah arahan dari pimpinan, dalam hal ini pak Wali, pak Wawali dan pak Sekda. Tetapi ini sudah melalui kajian, kajian itu ialah menunjukkan Letkol Boerhan Dahri,” katanya dilansir website resmi Pemkot Bengkulu, Rabu (20/07/2022).

Letkol Boerhan Dahri merupakan salah satu tokoh penting dalam sejarah Provinsi Bengkulu. Pria yang lahir di Tais, Bengkulu Selatan pada 28 Mei 1924 ini pernah menjabat sebagai komandan batalion XXVII di Bengkulu (1945-1950).

Ia juga pernah menjadi Kepala BRN Residen Bengkulu (1950-1960) dengan penghargaan terakhirnya ialah Satya Lencana Legiun Veteran RI (1989).

Selain itu, ia juga tercatat menjadi Bupati Rejang Lebong (1959-1964) dan Bupati Bengkulu Utara (1971-1978), serta memjadi Anggota DPRD Bengkulu (1982-1987).

Pemberian nama ini dilakukan lantaran jalan di kawasan tersebut belum memiliki nama yang pasti. Masyarakat sekitar biasanya memnebut jalan ini dengan berbagai nama, seperti jalan Yayasan Agusrin, jalan Pekan Sabtu hingga jalan Regional Air Sebakul.

“Dan dari semua penamaan (Masyarakat) itu merupakan nama tempat yang berada di sekitar lokasi. Nah untuk itulah kita berasumsi nama jalan tersebut belum ada nama baku,” jelas Hendri.