Logo

Pemerintah Ajak Masyarakat Bengkulu Gemar Makan Ikan

BENGKULU – Pemerintah Provinsi Bengkulu mengajak seluruh masyarakat untuk gemar makan ikan. Sebab menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu, Nopian Andusti, ikan mempunyai banyak manfaat, terutama untuk pertumbuhan pada otak.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri sekaligus membuka kegiatan lomba masak serba ikan ke 11 di Bencoolen Mall, Rabu, (24/10) pagi.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan lomba masak serba ikan ini. Ini bukan tujuan, tetapi ini menggalakan agar masyarakat di Provinsi Bengkulu gemar makan ikan. Karena dengan memakan ikan ini, berdampak yang sangat-sangat baik pada kesehatan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa,” papar Nopian.

Apalagi, sambung Sekda, di Provinsi Bengkulu ini sangat kaya dengan laut yang mempunyai luas sekira 525 kilometer, yakni dari Kabupaten Mukomuko hingga Kabupaten Kaur.

Jadi potensi ikan sangat banyak di Provinsi yang mempunyai ikon Bumi Rafflesia ini. Jangan sampai, kata Nopian, ikan yang banyak tersebut dimanfaatkan oleh orang luar.

“Kita ini sangat kaya dengan sumber daya kelautan, jadi laut kita ini lebih kurang 525 kilometer dari Kabupaten Mukomuko sampai Kaur. Jangan sampai ini tidak dimanfaatkan. Kita harapkan dengan cara seperti ini sebagai salah satu metode untuk mendorong masyarakat gemar makan ikan, apalagi sekarang ini tingkat konsumsi perkapita untuk makan ikan, provinsi Bengkulu masih dibawah tingkat standar nasional,” ujarnya.

Disisi lain, untuk mengajak gemar makan ikan itu, pemerintah provinsi bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan akan menyajikan ikan disetiap acara.

Jika biasanya setiap acara ataupun rapat makanan yang disajikan adalah buah-buahan atau roti, nanti akan diganti dengan ikan.

“Disamping itu kita nanti melalui Dinas Kelautan dan Perikanan setiap event-event akan menyajikan ikan. Jadi misalnya ada rapat-rapat, biasanya ada makan-makanan yang biasa disajikan seperti makan ringan, akan kita ganti dengan ikan. Ini salah satu cara kita untuk mengajak gemar makan ikan,” tandas Nopian.