Logo

Pejabat Diknas Seluma Kena OTT

Penyidik Sat Reskrim sedang memeriksa Kepala UPTD yg di OTT lakukan pungli

SELUMA, bengkulunews.co.id – Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Cabang Dinas (Cabdin) Talo, Dinas Pendidikan Kabupaten Seluma Sahardin tertangkap Operasi Tangkap Tangan (OTT) dugaan Pungli pencarian sertifikasi guru SD di Kecamatan Talo, Selasa (8/8/2017).

OTT tersebut dilakukan oleh anggota Satuan Resesre dan Kriminal (Satreskrim) Polres Seluma di Desa Pagar Gasing Kecamatan Talo.

“Barang bukti yang diamankan yaitu, uang tunai Rp 800 ribu dengan pecahan Rp 50 ribu dan 16 lembar copy buku rekening setiap guru,” jelas Kasat Reskrim Polres Seluma AKP Margopo.

Berdasarkan informasi yang diterima, modus Pungli diduga dilakukan setiap triwulan, para guru mengambil honor sertifikasi melalui Kepala UPTD dengan cara mengumpulkan photo copy rekening setiap guru yg mendapat sertifaksi dengan melampirkan uang sebesar Rp 50 ribu.

Dengan jumlah sekolah sebanyak 43 sekolah  dan jumlah 160 guru yang sudah sertifikasi, uang tersebut di pungut untuk pengurusan di Dinas Kabupaten guna kelancaran administrasi triwulan berikutnya.

Saat ini pihak Satreskirm Polres Seluma tengah mengembangkan penyidikan dan bahan bukti pendukung lainnya. Diperkirakan dengan kejadian ini akan menyeret pejabat lainnya di lingkungan Diknas Kabupaten Seluma.