Logo

Parpol Telah Jaring Calon, Tahapan Pilkada Benteng Baru Mulai Akhir Agustus

bengkulunews.co.id – SESUAI dengan jadwal yang ditentukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat, tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), Provinsi Bengkulu, akan dimulai pada akhir Agustus 2016. Hal ini seperti dikatakan Ketua KPU Kabupaten Bengkulu Tengah, Asmara Wijaya

“Jika tidak ada perubahan tahapan pilkada Bengkulu Tengah, akan dimulai pada akhir Agustus mendatang. Namun, hal ini sangat bergantung dari ketersedian dana pilkada dari pemkab setempat,” katanya, Selasa (15/3).

Untuk lakukan tahapan Pilkada, ia mengatakan perlu finalnya masalah anggaran. Dengan demikian, Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara KPU Benteng dengan pemda Benteng harus sudah ditandatangani.

“Jika NPHD sudah kita teken, maka anggaran pilkada sudah tersedia sesuai kebutuhan, sehingga tahapan pilkada Benteng sudah dapat kita laksanakan. Target kami tahapan pilkada Benteng akhir Agustus mendatang,” terangnya lagi.

Keterjaminan adanya dana pelaksanaan pilkada menurutnya adalah syarat mutlak. Perlunya ditandatangani NPHD antara kedua belah pihak, tambah Ketua KPU Benteng, guna antisipasi batalnya pelaksanaan pilkada. Tegasnya, jika tak ada anggaran maka pilkada tak bias digelar. Buruknya, ia menggambarkan jika tahapan sudah dimulai namun anggaran tak ada, maka selain KPU, terdapat banyak pihak yang dirugikan, termasuk para bakal calon.

Kendati belum dijelaskan besaran anggaran Pilkada 2017 Benteng, ketua KPUD Benteng tetap optimis terkait dana penyelenggaraan. Pasalnya anggaran Pilkada telah dialokasikan oleh pemerintah kabupaten dalam APBD 2016 ini.
“Saya yakin dana pilkada 2017 sudah disiapkan Pemkab Benteng. Cuma besarannya kita belum tahu persis. Yang jelas, dana pilkada sudah disiapkan di APBD tahun ini,” ungkapnya.

Meski tahapan pilkada belum dimulai KPUD Benteng, namun sejumlah partai politik telah buka pendaftaran guna menjaring bakal calon bupati yang akan maju pilkada 2017 Benteng. Parpol yang sudah membuka pendaftaran pilkada Bengkulu Tengah, di antaranya Golkar, Nasdem, PKB, Hanura, Gerindra dan beberapa parpol lainnya yang memiliki wakil di DPRD setempat. Bahkan dari sejumlah parpol tersebut, sebagian telah menutup pendaftarannya. Sejumlah nama telah muncul dengan mendaftarkan diri mereka ataupun sekedar mengambil formulir pendaftaran.(122)