Logo

Otak Pelaku Pencurian Motor Kapolsek Didor Petugas

SELUMA – HN alias Hen (18), pemuda asal Desa Muara Nibung, Kecamatan Ulu Talo bersama 5 anggota komplotannya berhasil diciduk anggota Satreskrim Polsek Sukaraja dibantu Timsus Polres Seluma, Senin (17/9/2018).

Hen diduga merupakan otak dari pencurian sepeda motor Yamaha Mio milik Kapolsek Semidang Alas Maras, Iptu Sukari, pada Jumat (14/9) dinihari.

Kapolres Seluma AKBP Jeki Rahmat Mustika melalui Kasat Reskrim AKP Rizka Fadhila mengatakan, terungkapnya komplotan para pelaku ini berawal dari diamankannya rekan Hen berinisial HD di Kelurahan Dermayu Air Periukan. Hen saat itu berhasil kabur dari sergapan massa dan petugas kepolisian yang mengejarnya. Ia berhasil melarikan diri dengan bersembunyi di perkebunan milik warga.

17 jam kemudian keberadaan Hen berhasil diketahui oleh pihak kepolisian, Ia berhasil dibekuk saat bersembunyi di Desa Talang Beringin, Kecamatan Seluma Utara.

Aksi nekat pelaku yang melawan petugas saat akan ditangkap direspon oleh petugas dengan tindakan tegas dan terukur.

Setelah tidak mengindahkan tembakan peringatan, petugas melumpuhkan pelaku dengan menembak kakinya.

“Hasil pengembangan dari tersangka yang telah diamankan petugas berhasil mengungkap jaringan pelaku dan mengamankan 4 tersangka komplotan Hen,” jelas Rizka.

Selain Hen dan HD, petugas juga membongkar sindikat kelompok mereka, yakni PR (18), AA (22) HS (19) dan EJ (19) yang kesemuanya adalah warga Kabupaten Seluma.

Tertangkapnya para pelaku ini menguak tindak pidana pencurian yang terjadi di wilayah hukum Polres Seluma. Bersama EJ petugas mengamankan barang bukti sepeda motor Yamaha Vixion yang tidak ada kelengkapan suratnya.

Dari pengakuan para pelaku diketahui jika komplotan ini telah beraksi puluhan kali melancarkan aksi pencurian, dari pencurian kendaraan bermotor hingga membongkar toko manisan.

Mirisnya, salah seorang pelaku diketahui masih berstatus sebagai pelajar.

“Untuk tersangka EJ yang ikut diamankan petugas kepolisian, karena la diduga kuat sebagai penadah hasil pencurian,” tandas Rizka.