Nikmati Perpaduan Seni dan Teknologi di Taman Budaya Bengkulu

Penulis : Cindy

Menariknya Festival Komunitas Seni Media Di Taman Budaya

BENGKULU – Ketua Asosiasi Seniman Bengkulu, Fery Van Delis mengatakan Festival Komunitas Seni Media (MEDI[T]ASI) sendiri merupakan gagasan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dibawah direktorat musik dan media.

Dengan tujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan kesenian daerah yang dipadukan oleh teknologi.

Pada awal tahun seluruh perwakilan Provinsi diminta untuk mengirimkan karyanya untuk dipamerkan dalam festival tersebut.

“Para pelaku seni se-Indonesia tingkat nasional itu mengirim karya-karyanya, ke kementerian. Setelah diseleksi beberapa perwakilan provinsi terpilih sebagai peserta komunitas ini media tahun 2022,” kata Fery pada Bengkulunews.co.id Sabtu (08/10/22) sore.

Hingga pada akhirnya Bengkulu terpilih menjadi tuan rumah festival tersebut. Berbagai pameran seni ditunjukkan dalam festival ini, perpaduan antara kesenian adat dan teknologi bersatu padu.

Setiap perwakilan mengirimkan hasil seninya, mulai dari Surabaya, Solok, Bandung, Bali, Jambi, Yogyakarta, Jakarta, Samarinda, Bengkulu dan masih banyak lagi.

Ada berbagai pameran yang menarik dapat ditemukan dalam Festival ini, salah satunya karya seni WAFT LAB (Surabaya, Jawa Timur) alat musik dari berbagai peralatan makan.

Kesenian ini diadaptasi dari kegiatan mengamen yang kita lihat setiap harinya dan mengadopsi fenomena sebuah orkestra dengan pemain tunggal.

Pengamen dapat sekaligus memainkan alat musik atau multi instrumen, tidak hanya itu kesenian ini juga memberikan pelajaran bahwa keterbatasan definisi alat musik yang secara harfiah dapat seringkali menjadi satu modal besar untuk diartikan sebagai segala benda secara kreatif.

Fery menambahkan hendaknya pemerintah Bengkulu tidak menutup mata. Dengan adanya festival ini dapat mengembangkan kesenian di daerah menjadi lebih unggul.

Festival ini diadakan dari tanggal 5 Oktober hingga 12 Oktober 2022, di Taman Budaya. Selain pameran kesenian, anda juga dapat menyaksikan pertunjukan tari, musikal, teater dan lainnya.

Festival ini juga terbuka untuk umum, sehingga masyarakt Bengkulu dapat melihat beragam seni yang ditunjukkan. Juga dapat berfoto dengan pameran kesenian yang indah dan unik.

Baca Juga
Tinggalkan komen