Logo

Natal dan Tahun Baru, Pemprov Jamin Ketersediaan Bahan Pokok 

 

Kepala Diskopperindag Provinsi Bengkulu Ismed Lakoni, S.Sos memberikan sambutan acara workshop

bengkulunews.co.id – Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil  Menengah Perindustrian dan Perdagangan (DiskopUKMperindag) Provinsi Bengkulu, Ismed Lakoni mengatakan, pemerintah dalam hal ini pihaknya menjamin ketersediaan bahan pokok bagi kebutuhan masyarakat  dalam menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru 2017 nanti.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ismed  setelah pihaknya melakukan pengawasanan dan pamantaun rutin terhadap barang beredar, khususnya bahan pokok di sejumlah pusat perbelanjanan yang ada di Kota Bengkulu.

“Pemerintah menjamin ketersediaan bahan pokok bagi masyarakat,” tegasnya, saat usai memberikan arahan kepada jajarannya sebelum turun kelapangan, di kantor DiskopUKMperindag Provinsi Bengkulu, pada Rabu (21/12).

Untuk itulah, Ismed melanjutkan, pihaknya terus melakukan pengawasan dan pemantauan  rutin bersama tim gabungan, yang terdiri dari Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu serta dari UPTD Metrologi  dan juga  dari Polda Bengkulu.

“Kegiatan rutin ini tak lepas dari arahan Gubernur kita, agar masyarakat dalam menjalani perayaan Natal dan Tahun Baru dapat merasa aman dan nyaman, terutama masalah harga bahan pokok dan ketersediaannnya,” katanya.

Di samping itu juga, tambahnya, pengawasan rutin ini dilakukan untuk memantau pergerakan serta kestabilan harga barang yang beredar di pasaran,  jangan sampai nanti terjadi hal-hal yang tidak di ketahui oleh pihaknya.

Sementara itu, dari hasil pantauan tim gabungan di lapangan, sejauh ini tidak di temukan barang yang melanggar aturan, begitu juga dengan stok bahan pokok yang tersedia di sejumlah supermarket  yang di kunjungi, masih aman.

Hal itu diketahui setelah tim gabungan menyisir pusat-pusat perbelanjaan terbesar yang ada di kota Bengkulu.

Seperti  yang katakan oleh Manager Operasional salah satu supermarket terkenal di kota Bengkulu, Arman Junaidi, untuk stok bahan pokok pihaknya telah menyiapkannya tiga bulan sebelum akhir tahun.

“Untuk stok bahan pokok masih mencukupi hingga akhir tahun ini,” sebutnya, saat di kunjungi petugas gabungan.

Begitupun dengan harga barang yang dijual, lanjut Arman,  masih dalam kondisi stabil,  walaupun ada beberapa jenis item barang kebutuhan pokok yang mulai merangkak naik, namun tidak begitu mempengaruhi minat beli masyarakat.

“Kalau masalah harga, kami melihat kondisi pasar, kami juga biasanya pada akhir tahun ada promo berupa diskon harga,” ujarnya.

Menurut salah satu petugas dari BPOM Bengkulu, Adonis mengatakan, tidak di temui lagi barang beredar yang melanggar aturan di sejumlah pusat perbelanjaan, begitu juga dengan ketersediaan barang pokok yang masih cukup,  tak lepas dari adanya penagawasan rutin yang mereka lakukan selama ini.

‘’Karena pengawasan dilakukan secara rutin, kita tidak lagi menemukan barang beredar yang melanggar aturan,” katanya singkat.(saipul)