Logo

Naik Turun Harga Bumbu Dapur Jelang Lebaran

BENGKULU – Menjelang hari raya idul fitri, masyarAkat sudah mempersiapkan pernak-pernik maupun berbagai kue dan masakan. Hal ini tentunya, menguntungkan bagi para pedagang.

Sedangkan untuk harga bahan-bahan, seperti sembako mengalami kenaikan. Anto, pedagang daging ayam potong ini mengatakan untuk harga ayam sendiri belum ada kenaikan masih dengan harga tiga puluh enam ribu per ekornya.

Namun lima hari menjelang idul fitri, Anton mengaku harga ayam mengalami kenaikan hingga Rp40 ribu per ekornya.
Untuk penjualan daging ayam menjelang hari raya, Ia mengalami peningkatan. Anton dapat menjual 25 ekor daging ayam per harinya.

“Untuk stok masih biasa saja, di pembeli agak meningkat, rata-rata penjualan perhari 25 per ekor. Pokoknya diatas 100 biasanya gak sampe 100 itu biasanya 75, ya ada kenaikanlah,” kata Anton, Rabu (20/04/22).

Sedangkan untuk harga sayur, ada yang mengalami kenaikan. Rolan sinaga, pedagang sayur di pasar minggu ini mengaku untuk harga bawang saat ini sedang naik dari Rp34 ribu per kilogramnya menjadi Rp40 ribu per kilogramnya.

Dan untuk harga tomat mengalami penurunan dari harga Rp8000 per kilogramnya menjadi Rp5000 rupiah, begitu juga dengan harga cabe yang turun menjadi Rp30 ribu per kilogram dari harga Rp35 ribu per kilogram.
Menurut Rolan penurunan harga cabe dikarenakan peminatnya yang berkurang, pada saat menjelang hari raya idul fitri.

“Mungkin karena bulan puasa, peminat cabe kurang gitu, bisa jadi nanti ada keniakan. Itu kemungkinan seminggu sebelum lebaran,” demikian Rolan.