Bengkulu News #KitoNian

Minat Menjadi Kades di Rejang Lebong Cukup Tinggi

REJANG LEBONG – Minat warga Kabupaten Rejang Lebong menjadi Kepala Desa (Kades) tergolong tinggi, saat ini terdapat calon Kades di 5 desa melebihi kuota yang ditentukan sehingga harus dilakukan seleksi ulang.

Menurut Asisten I Pemkab. Rejang Lebong, Pranoto Madjid, didampingi Kabid Kelembagaan Masyarakat, Sosbud dan Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Rejang Lebong, Bobby Harpa Santana, minimal 2 calon dan tidak boleh lebih dari 5 calon.

“Sehingga mereka akan kembali diseleksi ulang, yang direncanakan digelar pada Sabtu (18/1/2020) di Mapolres Rejang Lebong,” katanya selepas Rapat Persiapan Pilkades di ruang rapat Sekda. Rejang Lebong, Kamis (16/1/2020).

Ke 5 desa tersebut adalah Desa Air Kati Kecamatan Padang Ulak Tanding sebanyak 7 Bacalon selanjutnya sebanyak 6 Bacalon meliputi Desa Air Merah Kecamatan Curup, Desa Tanjung Sanai I Kecamatan Padang Ulak Tanding, Desa Dusun Sawah Kecamatan Curup Utara, Desa Kota Padang Baru Kecamatan Kota Padang.

Seleksi akan dilakukan tertulis dengan materi berkaitan dengan Undang-Undang Desa, pemberdayaan masyarakat hingga pengelolaan dana desa.

Dikatakanya lagi, dalam waktu dekat akan dilakukan pemetaan terkait kerawanan penyelenggaraaan Pilkades, kerawanan biasanya meliputi pada bidang Politik, Keamanan dan aksebilitas menuju desa.

Sedangkan untuk kelengkapan logistik ditargetkan harus sudah tercetak sebelum 25 Januari 2020dengan anggaran yang telah disiapkan sekitar Rp. 200 juta.

“Pilkades pada 20 Februari 2020 yang kegiatanya dibebankan pada anggaran Pemkab. Rejang Lebong, telah ditegaskan agar tidak ada pungutan dalam pelaksanaanya,” tutupnya.

 

Penulis: Dedi R

 

Baca Juga
Tinggalkan komen