Logo

Menjajal Ketangguhan CB150X di Jalanan Bengkulu, Layakkah Dibeli?

BENGKULU – PT Astra Honda Motor (AHM) belum lama ini meluncurkan New Honda CB150X. Motor dengan tampilan big bike dan beberap fitur canggih ini didesain khusus untuk pengguna kendaraan roda dua yang menyukai petualangan.

Bengkulunews.co.id mendapat kesempatan untuk menguji motor yang dibekali mesin 4 langkah Double Over Head Camshaft (DOHC) empat katup ini dalam kegiatan Riding Experience CB150X, Minggu (27/03/2022).

Sepanjang perjalanan sejauh kurang lebih 70 kilometer, motor dengan tiga warna pilihan ini membuktikan kelasnya menerabas jalanan Kota Bengkulu hingga Kabupaten Bengkulu Tengah.

Desain adventure dengan jok yang sedikit besar membuatnya terasa sangat nyaman saat dikendarai. Posisi setang berstyle tinggi dan melengkung ke belakang serta jarak ke tempat duduk yang sepadan memperkuat kegagahannya. Tentu saja ini akan memanjakan lengan pengendara.

Soal kelincahan, CB150X cukup ramah dengan pengendara yang memiliki bobot ringan atau sedikit pendek. Motor ini tetap dapat dikendalikan dengan mudah dan gesit saat melewati jalanan perkotaan di wilayah Kota Bengkulu.

Untuk menopang identitasnya sebagai motor sport adventure, Honda CB150X sengaja dibuat lebih bertenaga di putaran bawah sampai menengah. Sistem ini membuatnya dapat melibas jalanan yang memiliki kontur tidak rata dan menanjak dengan cukup mudah.

Sejumlah kelebihan CB150X didukung dengan suspensi upside down (inverted telescopic) Showa SFF-BP berdiameter as 37 mm dan stroke 150 mm. Suspensi dengan peredaman yang lunak dan nyaman saat berada di kecepatan tinggi atau jalanan berbatu ini ‘melahap’ dengan lembut rute menuju objek wisata Curug Cay di Desa Bukit, Kabupaten Bengkulu Tengah.

Apalagi CB150X ditopang dengan rangka diamond berbahan baja dengan tinggi 1.309 mm dan ground clearance yang mencapai 181 mm. Desain ini melengkapi kepercayaan diri pengendara saat melalui medan yang sulit.

Keunggulan motor besutan pabrik dengan logo sayap ini juga diakui oleh Kordinator Paguyuban Honda Bengkulu, Gandrung. Menurut Gandrung, motor ini memiliki ketangguhan yang cukup mumpuni untuk dibawa dalam jarak yang jauh.

“Motornya stabil, seimbang saat dikendarai dan nyaman waktu melewati jalan menanjak dan berbatu. Kalau untuk touring ini sangat bagus,” kata Gandrung pada bengkulunews.co.id.

Pabrikan Honda juga sepertinya tetap konsisten pada labelnya sebagai pencipta kendaraan dengan konsumsi bahan bakar yang irit. Cap ini ditunjukkan pada CB150X dengan kapasitas tangki 12 liter, hanya menelan kurang dari 2 liter bahan bakar saat riding experience ini digelar.

Kordinator kegiatan, Ryan mengatakan Honda CB150X ditopang sistem pendingin cairan, mesin149,16 cc dengan spek diameter x langkah 57,3 mm x 57,843 mm dan rasio kompresi 11,3: 1 serta tipe transmisi manual 6-percepatan.

CB150X juga dilengkapi dengan beberapa fitur canggih berupa sistem pencahayaan LED, desain panel meter yang modern, high wind screen serta moncong duck fender.

Pecinta Honda dapat membawa pulang motor ini dengan harga OTR Bengkulu berkisar Rp 32 juta. Motor ini diluncurkan dengan dua tipe, standar dan special edition. Pilihan ini didukung dengan tiga warna, Volcano Matte Black. Amazon Matte Green dan Mandala Red.

“Harganya masih tetap sama, murah untuk tipe motor dengan bodi besar lainnya,” ucap Ryan.