Bengkulu News #KitoNian

Masjid dengan Museum Sejarah Islam akan Berdiri di Bandung

NASIONAL – Masjid megah dengan musium sejarah kebudayaan Islam akan segera berdiri di Gede Bage Kota Bandung. Masjid yang diperkirakan dapat menampung hingga 93.000 jemaah ini, di dalamnya akan dibuat museum yang menceritakan sejarah Nabi, sejarah perkembangan Islam Indonesia dan Jawa Barat.

“Kemarin kita melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Raya Al Jabbar di Gede Bage Kota Bandung. Insya Allah, mohon doa dari semuanya, pada 2019 masjid Al Jabbar ini sudah bisa digunakan,” ucap skretaris Dewan Penasihay SMSI, Mirza, Minggu (27/5/2018).

Masjid berukuran 99×99 ini, juga dilengkapi desain simbol Asmaul Husna. Arsitektur bangunan dirancang memiliki empat menara. Tiga diantaranya bertinggi 33 meter. Ukuran ketinggian diambil rangkaian wirid tasbih.

“Jadi 33 dikali 3 menara itu 99. Itu jumlah asmaul husna. Dalam hadits Bukhari, barangsiapa yang membangun masjid di dunia, maka akan dibangunkan semisalnya di akhirat,” jelas Mirza.

Masjid akan dibangun di atas lahan seluas 21 hektar. Dari luas tersebut, 10 hektare lahan diantaranya memiliki kedalaman 3 meter, sebagai danau penampung air yang telah disetujui BBWS dan pemerintah pusat. Sisanya, seluas 11 hektare untuk masjid dan segala kelengkapannya.

“Semoga semua pihak yang turut dalam pembangunan Masjid Al Jabbar ini, mulai yang memberi ide, yang menganggarkan, yang menjadi kontraktor, yang menyediakan pasir, serta siapapun yang terlibat, masuk kategori membangun masjid, sehingga dibangunkan oleh Allah SWT sebuah rumah di surga kelak, amin,” demikian Mirza.

Baca Juga
Tinggalkan komen