Logo
Dempo Xler

Makna Jumat Agung Bagi Umat Kristiani

Makna Jumat Agung Bagi Umat Kristiani

BENGKULU – Jumat agung atau Good Friday sebelum minggu Paskah, merupakan peringatan Penyaliban Yesus Kristus dan wafatnya di Golgota.

Pendeta sekaligus Sekretaris Gereja Bethel Indonesia Rayon 13 Bengkulu, Riki menuturkan bahwa hari jum’at agung merupakan peringatan bagi umat kristen tentang pengorbanan Yesus Kritsus di kayu salib untuk menebus dosa kita.

“Makna jum’at agung bagi kita, agar bisa mengingat bahwa Tuhan sudah berkorban dan mati untuk kita. Agar yang sakit bisa disembuhkan, terkutuk di berkati dan terikat dibebaskan. Artinya ini merupakan penebusan Tuhan Yesus kristus bagi setiap umatnya,” kata Riki pada Bengkulunews.co.id Jum’at (07/04/23) siang.

Selain itu umat diminta untuk merenungkan segala dosa yang diperbuat, sehingga lewat pengorbanan-Nya kehidupan dan hati baru ada disetiap orang.

Ibadah Jum’at agung juga diiringi dengan perjamuan kudus. Perjamuan tersebut melambangkan tubuh dan darah sang mesias.

“Perjamuan kudus itu memiliki arti, roti yakni persekutuan dengan tubuh kristus dan anggir persekutuan dengan darah kristus. Artinya perjamuan kudus melambangkan pengorbanan Tuhan saat di salibkan,” jelas Riki.

Sedangkan untuk anak-anak diberikan berbagai kreativitas seperti membuat salib dari kertas, serta menuliskn segala dosa juga pergumulan yang dialami.

Kabid PPA GBI R 13 Bengkulu, Maryanto ferdinand berharap adanya kreativitas tersebut anak-anak dapat belajar mengenai pengorbanan Tuhan juga makna dari pengorbanan tersebut.

“Diharapkan mereka akan mengerti pemahaman, bahwa Tuhan Yesus sudah di kayu salib . Sehingga dosa mereka sudah ditanggung, diampuni dan diselesaikan. Jadi hidup mereka menjadi baru lagi, dengan hati yang baru,” demikian Maryanto.