Logo

Limbah Dibuang Sembarangan, Warga Laporkan RSUD Kaur Ke Polres

KAUR, bengkulunews.co.id – Pembuangan limbah medis pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kaur diduga salahi standar prosedur. Akibat dibuang sembarangan, warga laporkan pihak RSUD ke Polres Kaur pada Kamis (10/3).

Limbah medis, menurut warga haruslah dibuang dengan standar tersendiri bukan seperti limbah rumah tangga. Warga khawatirkan akan bahaya limbah medis yang bisa saja mengandung bahan aktiv dengan unsur B3 yaitu bahan berbahaya dan beracun.

Laporan tersebut ditangani cepat oleh pihak Polres Kaur. Personil polisi lakukan pemeriksaan di lokasi, dan ditemukan beberapa sampah medis berupa alat-alat medis bekas, seperti jarum serta selan infus. Setelah pemeriksaan di lokasi, hasilnya akan diselidiki lebih lanjut.

Kapolres Kaur AKBP Bambang Purwanto, S.IK melalui Kasat reskrim AKP Djohan Andika SE, S.IK membenarkan adanya limbah medis yang diduga dibuang tak sesuai prosedur itu. “Dalam waktu dekat ini direktur RSUD akan kami panggil untuk dimintai keterangan,” kata Kasat Reskrim, Djohan.

Lebih spesifik, tambah Djohan khususnya pada pihak yang bertanggungjawab tentang limbah medis di RSUD Kaur. Serta tak menutup kemungkinan yang berkenaan dengan pembangunan Instalasi Pengolahan Air dan Limbah (IPAL).

“Yang pasti, saat ini tengah proses penyelidikan,” tutup Kasat Reskrim kepada Bengkulu News. (123)