Logo

Lima Tips Agar Tidak Mudah Lelah dan Lapar Selama Puasa

Lima Tips Agar Tidak Mudah Lelah dan Lapar Selama Puasa

Memasuki hari ke empat berpuasa mungkin beberapa orang sudah ada yang kehilangan semangat dan merasa selalu lesu saat menunaikan ibadah puasa. Hal ini disebabkan oleh adanya perubahan kebiasaan pola makan dan tidur.

Berpuasa di bulan Ramadhan memiliki segudang manfaat, baik dari segi psikologis seperti disaat kita harus menahan emosi serta hawa nafsu, lalu berpuasa juga menambah amalan ibadah dengan pahala yang sangat besar. Sesuai dengan artinya yaitu bulan penuh berkah.

Oleh karena itu, maka seseorang harus selalu menjaga fisiknya agar ia dapat menyelesaikan ibadahnya. Memang benar banyak dari kita pun masih merasakan lelah dan tidak bersemangat. Tentu saja ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan agar senantiasa kuta menjalankan puasa.

Nah melansir fimela.com, berikut beberapa tips agar mengjindari rasa lelah dan lapar saat berpuasa.

  1. Jangan Melewatkan Sahur

Makan sahur di bulan Ramadan adalah bagian terpenting dari orang yang berpuasa, karena orang yang berpuasa membutuhkan energi untuk dapat menjalankan tugas sehari-harinya sambil terus berpuasa hingga matahari terbenam.

Makan sahur yang sehat akan membantumu tetap berenergi sepanjang hari, dan memastikan bahwa tingkat energimu tidak akan turun. Jadi sangat penting bahwa kamu mengatur alarm setidaknya 40-50 menit sebelum fajar agar dapat bangun tepat waktu, dan menyiapkan makanan sahur yang sehat.

  1. Tidur Siang untuk Mengisi Kembali Energi

Kesehatan tubuh secara umum didasarkan pada tidur yang cukup, sehingga tidur siang singkat selama 20 menit di siang hari dapat mengimbangi sesuatu dari jam tidur yang tidak mencukupi, dan penting untuk tidak mengacaukan tidur siang singkat ini dengan tidur panjang karena itu membuat tubuh semakin lesu, yang pada akhirnya akan menghambatmu untuk tetap produktif sepanjang hari.

  1. Terhidrasi dan Hindari Sinar Matahari

Salah satu hal penting bagi orang yang berpuasa selama bulan Ramadan adalah menghindari dehidrasi selama puasa, dan ini dapat dilakukan dengan minum cukup cairan selama sahur dan berbuka puasa dan di antara keduanya.

Tetapi kamu harus menghindari kopi, teh, atau minuman ringan yang mengandung gula karena dapat meningkatkan rasa haus dan dehidrasi, dan juga disarankan untuk menghindari sinar matahari langsung dan menghabiskan sebagian besar hari di tempat yang sejuk dan menghindari olahraga berat.

  1. Hindari Makan Berlebihan saat Berbuka

Setelah seharian tidak makan, beberapa orang mungkin mengalami lapar dan memilih makan berlebihan untuk berbuka, yang dapat menyebabkan kelesuan, kram perut, dan gangguan gastrointestinal. Tidak hanya perlu memantau jenis makanan yang kamu makan, tetapi kamu juga harus menjaga jumlah makanan yang kamu makan, dan salah satu cara sederhana untuk menghindari rasa lapar setelah berbuka adalah dengan makan makanan yang lebih lama dicerna saat berbuka, ini memberi tubuh energi tanpa merasa lesu.

  1. Tetap Beraktivitas

Meskipun penting untuk tidak mengkonsumsi banyak energi selama puasa, ini tidak berarti bahwa kamu tidak dapat menyelesaikan tugas sehari-hari. Tubuh perlu mempertahankan tingkat energinya, dan istirahat sepanjang hari tanpa bekerja dapat menurunkan tingkat ini.

Kamu bisa melakukan olahraga ringan atau ibadah, atau mengikuti kursus pilihanmu, dan bahkan mempraktikkan hobi baru, ini akan sedikit mengalihkan perhatianmu dari memikirkan makanan saat berpuasa, dan juga akan membantu mendapatkan banyak manfaat.

Nah, pastikan jangan terlalu bermalas-malasan ya, Tetap produktif meski menjalani ibadah puasa juga bisa menambah amal ibadahmu